Atasi Bayi Kolik

 

Ayah dan bunda pasti bingung jika bayi menangis tanpa sebab hampir sepanjang malam. Jangan-jangan bayi mengalami kolik infantil. Kejadian ini dialami sekitar 20% bayi berumur 2 minggu sampai 4 bulan.
 
Penyebab tak jelas. Penyebab pasti bayi kolik memang belum bisa diketahui. Tapi, umumnya dihubungkan dengan gangguan sistim pencernaan bayi yang belum sempurna. Tangis kolik ini bisa saja terjadi pada pagi, siang, sore, atau malam.  Tapi, kebanyakan bayi mengalami kolik pada malam hari.

Yang paling membuat bingung orang tua, selain tangisnya lama, bayi yang mengalami kolik seringkali tampak seperti kesakitan.  Bagaimana tidak, sambil menangis, kakinya ditarik ke arah perut, kepalanya bergerak-gerak, wajahnya kemerahan, dan biasanya disertai buang angin (kentut).  

Kapan ke dokter?
Kolik infantil sebenarnya bukan penyakit yang membahayakan kesehatan bayi. Jadi, jika bayi mengalami kolik, Anda tidak perlu segera membawanya ke dokter.  

Kuncinya, tenang. Sampai sekarang, belum ada obat yang pas untuk langsung menyembuhkan kolik bayi. Tapi, cara berikut ini bisa Anda coba untuk menenangkan bayi.  
  • Gendong sambil  elus-elus punggungnya, agar bayi bersendawa.
  • Gendong sambil diayun perlahan, agar bayi merasa aman dan nyaman.  
  • Dekap ke dada Anda, agar bayi merasa hangat.  
  • Jika kulitnya agak dingin, kenakan sarung tangan, kaus kaki dan selimut.
  • Bersikaplah tenang (ini yang paling penting). Kepanikan Anda biasanya dirasakan juga oleh bayi. Hal ini bisa membuat bayi semakin rewel.
Baca juga:
5 Fakta Tentang Bayi Kolik
Cegah Bayi Kolik

 



Artikel Rekomendasi