Atasi Infeksi Saluran Napas Bayi Baru

 

Infeksi saluran napas merupakan segala bentuk infeksi yang menyerang saluran pernapasan atas (ISPA). Tak jarang juga saluran pernapasan bawah. Infeksi saluran napas ini bisa saja terjadi pada bayi baru lahir (newborn). Hati-hati komplikasi, jika tak segera ditangani sampai tuntas!

Infeksi saluran napas bisa disebabkan oleh bakteri atau virus. Gejala-gejala yang mungkin timbul yaitu, batuk, pilek serta demam, bahkan disertai muntah dan diare. Biasanya infeksi saluran napas terjadi selama 1 – 2 minggu. Jika segera ditangani tentu saja bisa lebih cepat pulih

Cara mengatasi:
  • Segera cek apakah infeksinya terjadi di saluran napas atas, yaitu di daerah hidung dan tenggorokan, atau di saluran napas bawah, yaitu bronkus dan paru-paru. Untuk bayi baru lahir, sebaiknya Anda mengunjungi dokter neonatologi atau dokter spesialis anak, apabila bayi Anda di atas usia satu bulan.
  • Untuk mencegah kejang, beri obat penurun panas bisa demam lebih dari 38,5 derajat Celcius.
  • Beri bayi ASI yang cukup, dan beri pelukan penuh kehangatan. Sentuhan penuh kasih sayang yang berpadu dengan ASI berkualitas dan dalam jumlah cukup akan mempercepat bayi pulih kembali.

Ibu perlu waspada apabila demam berlanjut, bawa segera bayi ke dokter untuk mengetahui kemungkinan terjadinya komplikasi.

Baca juga:
11 Penyakit Pertama Bayi Baru

 



Artikel Rekomendasi