Balita Makin Aktif di Usia 24-25 Bulan

 

Di tahun kedua kehidupannya ini, begitu banyak kemajuan yang sudah dicapai oleh balita kita. Gerakannya pun sudah mulai aktif dengan berbagai tingkah menggemaskan yang dia lakukan.

Aktivitas Fisik. Saat ini anak mulai bisa menirukan gerakan orang lain seperti ikut menari di depan TV ataupun ikut meloncat-loncat di belakang temannya. Keseimbangannya pun sudah mulai sempurna. Dia mulai belajar untuk berdiri dengan satu kaki dan dapat meniti sebuah jembatan dengan sempurna. Tendangan dan lemparan bolanya juga sudah baik dan bisa diajak bermain bola bersama orang tuanya.

Motorik Halusnya. Balita 24-25 bulan sudah bisa memegang crayonnya dengan baik. Dia juga bisa dengan baik menggambar garis vertical, garis horizontal dan lingkaran. Kegiatan meronce dan memasukkan tali sepatu ke lubangnya seperti pada menjahit jgua mulai bisa diajarkan di usia ini. Balita mulai belajar untuk menyikat giginya dan mulai berkeinginan untuk mandi sendiri.

Perkembangan Bahasa. Balita kita sudah mulai tahu banyak nama-nama benda beserta fungsinya masing-masing. Balita juga mulai bisa diajak untuk bercerita tentang segala hal, tentang kegiatannya hari itu atau tentang pendapatnya mengenai sesuatu. Membacakan cerita bisa jadi aktivitas yang membantu perbendaharaan kata-katanya. Walaupun belum pandai merangkai kalimat, tapi balita sudah sepenuhnya mengerti jalan sebuah cerita.

Interaksi sosial.
Balita 24 bulan adalah usia yang tepat untuk mulai mengajak balita kita berinteraksi dengan teman-teman sebayanya. Sedikit demi sedikit dia akan mulai bekerjasama dengan  teman-temannya. Dan bisa merespon keinginan teman bermainnya.

 



Artikel Rekomendasi