Bengkak Pada Kehamilan

Bengkak Pada Kehamilan  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Karena bengkak tidak dapat diobati, bergeraklah lebih hati-hati dan berolahraga agar tubuh tetap nyaman.

Mengapa tubuh ibuhamil bengkak-bengkak? Selama hamil, tubuh akan menahan atau menimbun cairan lebih banyak dari biasanya untuk melindungi dan mempertahankan  kehamilan, mencegah terjadinya reaksi penolakkan tubuh ibu terhadap janin, mengencerkan antibodi ibu, dan mempertahankan volume air ketuban yang salah satunya bermanfaat untuk janin agar ia  bebas bergerak dalam suhu yang terjaga. Janin perlu dilindungi dari  reaksi penolakkan tubuh ibu, karena, janin itu kontribusi dari ayah dan ibu yang merupakan organ asing di tubuh ibu. Ibaratnya, hamil itu bagaikan ibu mendapat transpalantasi organ. Penimbunan cairan pada kehamilan inilah yang menyebabkan bengkak di beberapa bagian tubuh, seperti tangan, leher, wajah, dan kaki.

Kapan tubuh ibuhamil mulai membengkak? Biasanya mulai terlihat pada minggu ke 20 atau bulan kelima, yaitu ketika  ibu melewati fase mual muntah sehingga berat badan (BB) naik. Secara umum, semua wanita hamil pasti mengalami penimbunan cairan di tubuh yang berbeda dari sebelum hamil. Hanya saja, penimbunan cairan di subkutis atau bawah kulit itu, berbeda-beda pada tiap orang. Ada yang terlihat hanya dari peningkatan BB, ada juga yang terlihat sebagai pembengkakkan di kaki, tangan, muka, leher, serta perut.

Bagaimana dengan bengkak di wajah? Meski sama-sama normal, kondisi bengkak ibuhamil satu dan lainnya tidak sama. Wajah adalah tempat terakhir yang bengkak, kaki tempat pertama. Jadi, biasanya bengkak pada wajah pasti disertai dengan bengkak di kaki atau seluruh tubuh, sebutannya edema anasarka.

Bengkak pada Preeklampsia. Pada penyakit prekalmpsia kehamilan, bengkak terjadi diseluruh tubuh dan disertai tekanan darah yang tinggi, kepala sering pusing danmudah lelah. Selain bengkak di kedua kaki dan seluruh tubuh, pada hasilpemeriksaan air seni di laboratorium akan ditemukan kadar protein yang tinggi,yang disebabkan oleh kebocoran ginjal. Preeklampsia berbahaya karena dapatmenjadi eklampsia dan pada ibu dapat menyebabkan pembengkakkan paru-paru, kelainandarah dan hati, serta pendarahan di otak. Sedangkan pada janin timbul risikopersalinan prematur dan pertumbuhan terhambat. Bila Anda mengalami bengkak yangdisertai gejala preeklampsia, segera ke dokter dan lakukan pemeriksaankehamilan secara teratur.

Mengapa bengkak dimulai di kaki? Ini berkaitan dengan ukuran rahim yang semakin membesar, sehingga   menekan pembuluh darah balik di pangkal paha. Akibatnya, lebih banyak cairan tertahan di tungkai kaki, sendi, dan telapak kaki. Bengkak di kaki umumnya muncul sore hari setelah beraktifitas seharian. Selain itu, bengkak di kaki juga timbul akibat adanya tekanan alami oleh pengaruh gravitasi. Bengkak di kaki dan tungkai yang normal biasanya asimetris atau hanya salah satu kaki/tungkai.  Sedangkan pada preekslamsia, biasanya bilateral atau sama di kedua kaki.

Bagaimana mengurangi bengkak di kaki? Salah satu caranya adalah dengan memperlancar peredaran darah di sana: Tidur dengan posisi kaki ditinggikan, jangan duduk dalam waktu lama, sering bangun dan berjalan-jalan, dan jangan  duduk dengan kaki menyilang karena mempengaruhi peredaran darah yang bisa meningkatkan pembengkakkan.

Kapan bengkak berakhir? Bengkak-bengkak bisa hilang begitu terjadi persalinan. Namun, pada beberapa kasus, bengkak hilang secara bertahap sejak 3 bulan persalinan. Hilangnya bengkak juga tergantung pada pertambahan berat badan ibu selama hamil, aktifitas fisik, dan diet pascapersalinan. Diet yang sangat disarankan adalah yang rendah garam.

Karena bengkak tidak dapat diobati, bergeraklah dengan lebih hati-hati, gunakan sepatu dengan hak rendah, kenakan pakaian yang praktis, dan upayakan tetap berolah raga, misalnya berenang, untuk meningkatkan keseimbangan, membuat tubuh lebih lentur dan bisa bergerak dengan nyaman. (me)

Baca juga:
Ibu Hamil Bengkak, Hindari Ini!
Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil
Hamil Bengkak

foto/Dok.Ayahbunda






Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   37880   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24109   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20443   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17425   
>  Balita Hobi Tampil   10999   

 
 border=
Susu Kehamilan
Apakah Anda mengonsumsi susu khusus ibu hamil, sebelum hamil?
Ya
Tidak