Bermain Lebih Ekspresif

 

Bermain bersama bayi usia 5-8 bulan sangatlah menyenangkan. Pada usia ini keterikatan antara bayi dan orang tuanya juga akan semakin kuat. Keingintahuan dan keinginannya untuk mengeksplorasi lingkungan pun semakin tinggi.

Bayi di usia ini sudah mulai bisa menggenggam, menendang bahkan ada anak yang sudah bisa duduk tanpa dibantu. Selain itu bayi di usia ini juga sudah mulai mengerti hukum sebab akibat, misalnya dia sudah mulai paham bahwa benda yang dibanting dapat menimbulkan bunyi.

Ketika sedang diajak bermain, bayi bisa memberikan respon yang menyenangkan dan bergembira karenanya. Tapi harus selalu diingat juga bahwa orang tua harus peka terhadap apa yang disukai dan tidak disukai oleh anaknya. Misalnya anak tidak suka digelitik, atau tidak suka diguncang-guncang. Ada juga bayi yang lebih suka digendong sambil mengamati lingkungan sekitarnya.

Permainan spontan juga bisa dilakukan. Misalnya sambil mandi, orang tua bisa spontan bermain cilukk baa dengan bayinya. Atau bisa jgua bayi kita ajak untuk bermain ala kangguru dengan menggendongnya di depan saat kita sedang menyiram bunga. Dengan demikian, bayi pun bisa melewati saat yang menyenangkan bersamaan dengan aktivitas orang tua.

Bayi saat ini juga mulai gemar memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya. Si kecil mulai giat mengasah kemampuan inderanya. Mereka mulai menyadari bahwa terdapat berbagai “rasa” dan “tekstur” di dunia ini. Bayi mulai bisa membedakan mana benda yang sama dan mana benda yang berbeda.

Keingintahuannya yang begitu besar akan membuat bayi berguling ke sana ke mari dan berusaha menjangkau apapun yang ada di sekelilingnya. Jangan batasi ruang gerak bayi untuk bermain ini. Cukup buat lingkungan bermainnya misal boks tempat tidurnya aman untuknya. Jangan juga menimbuni anak dengan mainan yang akan membatasi ruang geraknya karena akan menimbulkan rasa frustasi anak. Berikan saja hal-hal yang dibutuhkannya secukupnya jangan berlebihan.

 



Artikel Rekomendasi