Biasakan Balita Cuci Tangan

 

Balita belum paham makna bersih pangkal sehat, tapi Anda wajib mengajarkan pola hidup sehat padanya, mulai dengan mencuci tangan. Begini cara mengajarkannya:


  1. Lakukan pembiasaan. Jangan bosan mengingatkannya cuci tangan sebelum makan atau sesudah dari kamar mandi.
  2. Beri kemudahan untuk memulai kebiasaan menjaga kebersihan diri. Sediakan wastafel pendek khusus untuk anak. Bisa juga Anda meletakkan bangku kecil di bawah wastafel biasa agar ia mudah mencuci tangan begitu selesai buang air atau ketika akan mulai dan selesai makan.
  3. Beri hadiah atau apresiasi jika ia melakukan tugas menjaga kebersihan dengan baik agar ia makin semangat melakukan kebiasaan sehat ini.
  4. Pilihkan handuk pengering tangan bergambar lucu dan berwarna-warni. Dengan kesabaran dan ketekunan mengajarkan anak mau mencuci tangan, kebiasaan bersih diri anak dapat menjadi suatu perilaku yang otomatis ia lakukan.
  5. Ajak ia mengikuti teladan Anda. Bila ia terbiasa melihat Anda menjaga kebersihan, seperti membuang sampah pada tempatnya atau mencuci tangan sebelum makan, anak pasti juga melakukan kebiasaan baik ini dengan senang hati.  

Baca juga:

Cara Benar Cuci Tangan

 



Artikel Rekomendasi