Cara Deteksi dan Hitung Usia Kehamilan

 

Beberapa gejala. Sebagian calon ibu biasanya meduga dirinya hamil juga apabila mengalami beberapa gejala. Antara lain, membesarnya dan melunaknya payudara, mual yang tak jarang diikuti gejala muntah. Frekuensi buang air kecil yang meningkat, serta kelelahan yang berlebihan dan perubahan selera makan.
 
HCG, sang penentu. Apabila Anda mengalami keterlambatan menstruasi dan hendak memastikannya, Anda bisa memeriksa dengan tes kehamilan sederhana yang bisa digunakan dengan mudah di rumah. Alat tes kehamilan yang ada di pasaran biasanya berupa batang tipis yang terbuat paduan karton dan semacam plastik dengan garis penanda batas urin. Dengan mencelupkannya ke dalam urin pertama pagi hari, tes kehamilan (test pack) akan mendeteksi kadar hormon yang diproduksi plasenta, HCG (human chorionic gonadotropin) dalam urin calon ibu.  
 
Alat tes kehamilan sederhana. Tanda yang akan muncul ketika positif hamil adalah dua garis, apabila tidak hamil, satu garis. Ada juga alat tes yang berbentuk kotak dan urin hanya perlu diteteskan pada panel yang tersedia. Pada alat semacam ini, kehamilan dengan munculnya tanda (+), negatif dengan tanda (-). Biasanya tes kehamilan memiliki tingkat keakuratan 97%.

Apabila dalam kesempatan pertama tes, tanda masih negatif, cobalah tunggu beberapa hari hingga 1 minggu, lalu lakukan tes lagi. Bisa jadi Anda mendeteksi terlalu dini. Tetapi pada beberapa calon ibu, tanda positif tak segera muncul karena kadar HCG tak terdeteksi alat tes. Alat tes kehamilan yang bisa Anda lakukan di rumah memang baru bisa mendeteksi kehamilan, apabila kadar HCG dalam darah berkisar 25 – 50 mlU/mL.
 
Tes laboratorium. Untuk memastikan secara kuantitatif (skala angka), lakukan juga tes HCG dengan pengambilan darah di laboratorium klinik, disebut sebagai plano test atau pemeriksaan B-HCG (baca: beta HCG). Pemeriksaan kehamilan dengan sampel darah ini sangat sensitif, kadar HCG di bawah 25 mlU/mL pun bisa dideteksi.
 
Ke dokter. Namun tanpa pemeriksaan secara kualitatif dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan, tentu Anda tak bisa memastikan kondisi kehamilan Anda. Apabila Anda mendapatkan tanda positif atau dua garis pada alat tes kehamilan, apalagi hasil tes laboratorium, Anda telah hamil, segera kunjungi dokter untuk memperoleh konfirmasi kehamilan secara lebih akurat. Biasanya dokter akan memastikan keberadaan plasenta, usia dan letak janin (di dalam atau di luar rahim) dengan pemeriksaan dalam atau USG (ultrasonografi).

 



Artikel Rekomendasi