Gangguan Mata Bayi

Gangguan Mata Bayi Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Jika hal yang tidak diinginkan terjadi pada bayi Anda, penglihatannya ternyata tidak sempurna dan mengalami gangguan. Cek gangguan apa saja yang mungkin terjadi pada mata bayi.
 
Pada umumnya, sejak lahir bayi sudah bisa merespon cahaya dan melihat dalam jarak dekat. Jika ternyata bayi mengalami gangguan dalam penglihatannya, segera cari tahu penyebabnya agar bisa ditangani segera. Ada beberapa gangguan mata pada bayi yang perlu diperhatikan. Antara lain:
 
Kemungkinan infeksi jalan lahir. Jika tampak ada kotoran (belek) seperti nanah di mata bayi, segeralah diobati secara tuntas, karena dikhawatirkan bayi terinfeksi bakteri gonokokus, yang dapat menyerang kornea matanya dan menyebabkan kebutaan.
 
Saluran air mata tersumbat. Mata bayi tampak selalu berair (belekan), karena saluran air mata dari mata ke hidung tersumbat. Dokter biasanya memberi obat tetes antibiotik untuk menjaga agar tidak terjadi infeksi, dan orang tua diajari memijit-mijit pangkal hidung secara rutin setiap hari untuk membantu ‘membuka’ sumbatan. Jika masih tersumbat juga, kemungkinan dilakukan operasi kecil untuk membuka sumbatan tersebut.
 
Katarak kongenital, yaitu gangguan pada lensa mata. Bagian hitam mata biasanya tampak keruh (tidak hitam jernih), gerakan mata menjadi cepat tidak normal. Mengingat penyebabnya bisa bermacam-macam, maka perlu pemeriksaan darah maupun foto rontgen. Obat diberikan sesuai penyebabnya, atau segera dilakukan operasi lensa mata, kemudian dipasang lensa pengganti agar bayi bisa melihat.
 
Glaukoma kongenital, atau adanya peningkatan tekanan di dalam bola mata bayi baru lahir. Pada keadaan ini, mata bayi biasanya berair, peka terhadap cahaya, tampak merah, kornea (bagian tengah bola mata) membesar. Dokter akan memberi obat, atau jika perlu segera dioperasi untuk menurunkan tekanan dalam bola matanya agar tidak terjadi kebutaan.
 
Jika Anda menemukan salah satu gejala di atas yang menghambat penglihatan bayi, segera periksakan ke dokter. Perkembangan penglihatan sangat penting bagi bayi, itu sebabnya pengobatannya tidak boleh ditunda. 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda