Ibu Hamil Angkat Beban?

 

Siap-siap menimang bayi yang akan lahir bisa dilakukan sejak bayi masih dalam kandungan. Caranya, rajin-rajinlah berlatih angkat beban!

Jenis olahraga yang menggunakan alat bantu berupa dumble ini juga bisa menjadi pilihan ibu hamil. Manfaatnya pun bukan hanya pada kekuatan, dan kebugaran, tetapi juga dalam mengatasi rasa nyeri. Ya, keluhan rasa nyeri dan sakit selama hamil dapat berkurang akibat kelenturan otot karena melakukan angkat beban. Selain itu, latihan ini juga baik untuk menyiapkan tubuh mengangkat beban berat setelah bayi lahir.

Berikut tip-tip untuk ibu hamil yang ingin berolahraga angkat beban:
  • Lakukan pemanasan 10 – 15 menit.
  • Gunakan dumble 0,5 kg, lakukan satu set gerakan sebanyak 8 – 12 kali ulangan.
  • Jika kesulitan berlatih dengan dumble, gunakan mesin alat beban seperti yang ada di pusat-pusat kebugaran.
  • Semakin bertambah usia kehamilan, berat alat beban sebaiknya dikurangi.
  • Regangkan otot-otot sebelum dan setelah latihan. Tahan setiap peregangan selama minimal 30 detik.
  • Hindari menahan napas.

Saran dari dr. Phaidon Toruan, MM, “Selalu awali dan akhiri dengan peregangan. Gerakkan seluruh tubuh agar semua otot bergerak. Lakukan dari intensitas ringan sampai sedang. Jangan mengerahkan tenaga berlebihan karena akan mengganggu sirkulasi darah janin.”

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more