IUD Sebabkan Pendarahan?

 

Pemakaian alat kontrasepsi IUD pada awalnya mempunyai efek pada terjadinya perdarahan-perdarahan serupa haid. Sehingga kadang-kadang sulit dibedakan antara haid dengan perdarahan akibat IUD tersebut.

Pada pemasangan IUD, rahim berusaha memposisikan IUD tersebut dengan keadaan rongga rahim. Pergeseran IUD inilah yang kadang-kadang menyebabkan perdarahan seperti haid.

Ibu-ibu yang sedang dalam masa laktasi (menyusui), seringkali mengalami haid yang tidak teratur. Ini karena keadaan hormon pengatur haid yang belum stabil karena pengaruh hormon yang merangsang produksi ASI.

Rasa sakit pada saat sanggama bisa disebabkan oleh kontraksi rahim yang hebat (mungkin dengan adanya IUD, rahim menjadi lebih peka pada setiap rangsangan seksual). Namun, sakit pada saat sanggama bisa juga disebabkan oleh adanya cicatrix (luka parut bekas sayatan episiotomi) yang menyempitkan lubang vagina, atau karena adanya infeksi di liang sanggama. Sebaiknya, Anda datang memeriksakan diri ke dokter Anda lagi. Apalagi, jika rasa sakit yang dirasakan memang sangat mengganggu.

 



Artikel Rekomendasi