Jika Bobot Bayi Naik Turun

 

Pemantauan berat badan bayi sejak detik pertama lahir merupakan indikator kondisi kesehatannya. Bagaimana jika berat badan bayi turun naik?

Begitu bayi lahir, penolong persalinan akan melakukan sejumlah pemeriksaan, seperti panjang dan berat, serta gerak refleksnya, dan menimbang berat bayi. Timbang badan ini sangat penting karena begitu terpantau tidak normal, maka harus segera diupayakan menjadi normal demi tumbuh kembangnya kelak.

Tiga kategori. Berat badan yang tidak sesuai dengan umur, bisa menjadi petunjuk adanya gangguan pada fisik si kecil. Penting Anda tahu, ada 3 kategori berat badan anak saat lahir, yaitu:

  • Berat lahir kurang dari 2,5 kg, maka dia digolongkan sebagai BBLR atau berat badan lahir rendah. Bayi dengan BBLR akan dimasukkan ke dalam inkubator sampai berat badannya normal.
  • Berat lahir 2,5-3 kg, berarti berat badan bayi tergolong normal.
  • Berat lahir jauh di atas normal, artinya perlu diberi perhatian khusus karena dikhawatirkan mengalami hipoglikemia (menurunnya kadar gula di dalam darah) pada hari-hari pertama kehidupannya.

Turun dulu. Anda tak perlu khawatir bila berat badan bayi mengalami penurunan selama hari-hari pertama kelahirannya. Karena, memang sampai hari ke-4, dia akan kehilangan sekitar 5-7% dari berat lahir. Ini merupakan masa bagi anak untuk menyesuaikan diri dengan dunia luar.

Untuk mengimbangi penurunan berat badan tersebut, sangat dianjurkan agar bayi diberi ASI 8-15 kali sehari, mulai hari ke-3 atau ke-4. Dengan demikian, diharapkan, pada 2-3 minggu ke depan, berat badan yang menurun tersebut dapat pulih kembali.
Kenaikan rata-rata

Pada bulan pertama, biasanya kenaikan berat badan rata-rata bayi mencapai 500-1400 gram. Selanjutnya, pada bulan ke-2, akan bertambah sekitar satu kilogram dari berat tubuhnya waktu lahir. Normalnya, pada bulan ke-2, berat badan bayi Anda akan mencapai 3,5 kg hingga 6,8 kg.

Di bulan ke-3, berat badan ideal bayi ditentukan oleh berat badannya saat lahir. Sebagai patokan, kisaran berat badan bayi usia 3 bulan adalah antara 4,3 hingga 6,8 kg. Untuk mengetahui apakah berat badan bayi Anda tergolong normal atau tidak, gunakanlah Kartu Menuju Sehat (KMS) atau berkonsultasilah pada dokter pada waktu melakukan pemantauan kesehatan rutin bayi.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Pusar Bayi Bodong

Disebut pusar bodong karena bentuk pusar (umbilical ring) yang seharusnya rata dengan perut, malah menonjol. Sebagian besar menutup spontan sebelum usia 1 tahun. Namun ada juga yang baru menutup sebel... read more

post4

Natal Teeth, Bayi Baru Lahir Tumbuh Gigi

Kalau bunda pernah mengalami hal ini pastilah kaget. Kok bisa, tumbuh gigi sebelum berumur 6 bulan? Jarang terjadi, tapi orang tua tidak perlu khawatir kalau mendapati bayi tumbuh gigi di usia sangat ... read more

post4

Perkembangan Penglihatan Bayi

Seorang bayi belum langsung dapat melihat dengan sempurna saat ia lahir. Bayi perlu waktu sampai matanya benar-benar bisa melihat suatu objek dengan fokus dan jelas. Melalui mata, otak mengkoordinasik... read more