Cegah Jamur di Vagina

 

Meningkatnya estrogen saat Anda hamil bisa menyebabkan vagina berjamur. Takut? Ini cara mencegahnya.

Saat hamil, hormon estrogen meningkat  dan menyebabkan vagina memproduksi lebih banyak glikogen, sejenis karbohidrat yang mendukung pertumbuhan jamur. Gejalanya adalah gatal, terasa seperti terbakar ketika buang air kecil, bibir vagina dan seputarnya tampak merah, sakit jika berhubungan seks, dan ada cairan vagina yang tidak berbau, berwarna putih dan lekat seperti keju.

Obati dengan obat yang diresepkan dokter, bisa berupa krim yang oles, serta tablet yang dimasukkan ke vagina. Jangan coba-coba mengobati sendiri, sekalipun ada obat anti jamur yang dijual bebas. Pengobatan perlu dilakukan pada istri dan suami, untuk menghindari penularan “pingpong” (bolak-balik).

Cegah dengan menjaga kebersihan seputar vagina, bersihkan setiap kali buang air kecil atau besar, dan keringkan dengan saputangan handuk yang bersih. Selain itu, ganti celana dalam jika terlihat ada gejala keputihan. Jika memakai toilet umum, hindari pemakaian air langsung dari semprotan yang ada di toilet tersebut untuk menghindari kontaminasi jamur yang ada di mulut sprayer. Gunakan saja tisu basah untuk membilas organ genital dan sesudah sampai di rumah bilas dengan air. (me)

 



Artikel Rekomendasi