Makanan Untuk Daya Tahan Tubuh

 Makanan Untuk Daya Tahan Tubuh  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Daya tahan tubuh gambang menurun dan serangan radikan bebas membuat sel-sel tubuh mudah rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Cegah dengan pola makan sehat dan konsumsi makanan yang bisa membangun daya tahan tubuh.  
  1. Ikan tuna. Mengandung vitamin E untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sel T, sel tubuh yang bertugas mendeteks melawan sel-sel bermutasi atau sel-sel yang sudah terinfeksi pathogen (kuman penyakit). Omega-3 di tuna 28 kali lebih banyak dari ikan air tawar. Fungsi omega-3 itu, menjaga kesehatan jantung, menurunkan tingkat ersiko asma, mencegah diabetes tipe 1 dan menjaga tulang. Tuna juga mengandung vitamin B3, B5, B1, selenium dan fosfor.
  2. Stroberi. Vitamin C-nya memberi kekebalan terhadap infeksi, baik infeksi bakteri atau infeksi virus. Kandungan mangan diperlukan untuk penyembuhan luka secara efektif. Stroberi juga mengandung bioflavonoids yang berperan dalam mengatur pertumbuhan dan kematian sela yang senagat penting dalam pencegahan kanker.
  3. Kiwi. Mengandung vitamin C dan E yang melindungi lemak di dalam tubuh dari kerusakan akibat radikan bebas. Demikian juga bioflavonoids-nya, menjadi antioksidan yang memberi perlindungan dari kerusakan iksidatif (kerusakan akibat radikan bebas). Biji kiwi menyediakan lemak yang dibutuhkan untuk penyerapan karotenoid. Selain itu, kiwi mengandung karotenoid, potassium, asam folat dan kalium.
  4. Labu kuning atau labu parang. Vitamin A dan beta karotennya tinggi, terlibat dalam perlindungan tubuh. Beta karoten yang bila dicerna berubah menjadi vitamin A juga akan menstimulasi produksi sel NK untuk menghancurkan sel-sel terinfeksi atau sel-sel kanker. Labu kuning juga sumber vitamin C, zat besi dan kalium yang baik.
  5. Keju. Mengandung magnesium, seng dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikan bebas. Kandungan vitamin A membantu kerja kelenjar timus (thymus gland) dna terlibat dalam pembentukan sel pengganti (sehingga sel bisa terbelah normal dan tidak bermutasi). Keju membantu metabolisme bermacam zat gizi lewat kandungan riboflavin dan folat. Juga banyak mengandung kalsium, fosfor dan protein.
  6. Telur. Mengandung iodine yang menstimulasi sel-sel Nk (natural killer cell atau sel pembunuh alami) di tubuh untuk melawan sel-sel jahat. Vitamin B6 bekerja mendukung sel B dan sel T, smeentara vitamin E meningkatkan konsentrasi sel T. protein telur membangun dan memperbaiki sel dan jaringan tubuh dan melawan infeksi. Telur juga mengandung vitamin A, B2 dan B12, selenium, fosfor dan zat besi.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Melatih Memori Bayi   6630   
>  Memahami Perspektif Bayi   1760   
>  Perubahan Dunia Ayah   1178   

 
 border=
Berat Badan Berlebih
Apakah saat hamil Anda mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan?
Ya
Tidak