Manfaat Asam Folat Bagi Kehamilan

 

Asam folat adalah vitamin yang diperlukan untuk mencipatkan sel-sel baru dalam tubuh yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi. Namun, tubuh tidak menyimpan asam folat yang cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan tubuh. Sehingga perlu adanya asupan tambahan dari makanan atau suplemen .

Suplemen vitamin yang dikonsumsi baik sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko cacat bayi, seperti masalah saraf  tulang belakang.  Disarankan, wanita lebih baik mulai mengonsumsi makanan atu suplemen asam folat segera setelah  merencanakan kehamilan. Untuk wanita, satu dosis atau 0,4 mg/hari sudah cukup.

Selain suplemen, asam folat juga bisa diperoleh dari beberapa bahan makanan seperti, taoge, bayam, brokoli, dan kacang hijau atau sereal yang telah diperkaya asam folat.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more