Mengenal Gigi Bayi

 

Gigi bayi mulai terbentuk saat janin berumur enam minggu di dalam kandungan, dan terus berkembang sampai bayi lahir. Untuk disebut "tumbuh,"  gigi hanya perlu muncul pada gusi,” jelas Dr. Ginni Mansberg, seorang ilmu penyakit anak di Rumah sakit anak di Sydney, Australia.

Pertumbuhan gigi susu pertama hingga lengkap, memerlukan waktu tahunan. Menurut Dr. Mansberg, "Sekitar  usia 2,5 hingga 3 tahun biasanya bayi baru bisa memiliki keseluruhan gigi. Ada juga memang, bayi yang lahir dengan 1-2 gigi, namun ada juga bayi yang sudah berumur 10 bulan masih ompong. Itu semua normal, karena pertumbuhan gigi bersifat sangat individual.” Namun sebagai panduan umum, lanjut Dr. Mansberg,  kebanyakan bayi memiliki gigi susu pertama di usia 6-12 bulan. Bila tidak ada tanda-tanda tumbuh gigi di usia 12 bulan, periksakan bayi ke dokter gigi.

Gigi bawah bagian tengah -gigi seri tengah- adalah gigi pertama yang biasanya muncul duluan. Setelah itu, diikuti gigi tengah atas, lalu secara perlahan -atau cepat, tergantung anak- munculah gigi yang lainnya. Sangat normal bagi bayi mengalami hal yang berbeda dengan bayi lain. Jadi jangan jengkel saat gigi susu bayi Anda tumbuhnya sedikit telat. “Banyak orangtua bangga saat gigi pertama bayi mereka tumbuh lebuih dini. Padahal, tidak seperti mitos yang dipercaya, tumbuh gigi tidak ada hubungannya dengan perkembangan bayi, juga tidak berkaitan dengan keterampilan motorik seperti merangkak, berjalan, atau berbicara,"  ujar Dr. Mansberg.

Baca juga:
Proses Pertumbuhan Gigi Bayi
Teether Untuk Merangsang Tumbuh Gigi
Rawat Gigi Anak Sejak Bayi


 



Artikel Rekomendasi