Mengenal Plasenta Bayi

 

Bayi akan lahir bersama “saudara kembar”nya yang selama 9 bulan lebih menopang kehidupan dan menemaninya dengan setia. “Kembaran” itu plasenta alias ari-ari. Apa dan siapa dia?  
  • Plasenta terbentuk sejak usia kehamilan Anda memasuki minggu pertama.
  • Diameter  15-20 cm, berat sekitar 0,5 kg berbentuk seperti lempengan atau pancake.
  • Fungsi: mengantarkan zat gizi bagi proses tumbuh-kembang janin sejak minggu pertama samapai tiba saat lahir. Juga membantu membuang zat-zat sampah dari tubuh janin, seperti karbondioksida dan urine. Plasenta akan Anda keluarkan pada tahap 3 persalinan.
  • Mengandung sel induk darah tali pusat, saat ini popular untuk disimpan karena diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit bayi dan keluarganya, seperti penyakit kelainan darah dan beberapa jenis kanker.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more