Mengubah Posisi Janin Sungsang

Mengubah Posisi Janin Sungsang  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Janin sungsang, bila terjadi sebelum usia kehamilan 32 minggu (8 bulan), masih ada peluang janin mengubah posisi karena air ketuban masih banyak sehingga bisa bergerak.  

Sebelum minggu ke-34, lakukan posisi bersujud (knee chest position) dengan perut menggantung ke bawah, 2 kali sehari selama 10 menit untuk membantu mengubah posisi janin ke normal.  Jika minggu ke-34 masih sungsang, tanyakan ke dokter extrenalcephalic versin/ECV atau metode pemutaran posisi janin dari luar. Namun, selain sakit, cara ini juga berisiko bagi janin, karena ia bisa kekurangan suplai oksigen ke otaknya.

Persalinan pada kasus sungsang bisa spontan lewat vagina, apabila bagian terbawah janin adlaah bokong seluruhnya (bokong murni/frank breech), bukan presentasi kaki atau bokong-kaki. Meski demikian, ada faktor risiko persalinan lewat vagina pada bayi, yaitu asphiksia neonarus (kegagalan bernapas), aspirasi mekonium (janin menghirup mekanium atau kotoran pertamanya yang tercampur cairan ketuban) dan pendarahan di kepala. Pada persalinan Caesar, bisa juga risikonya tulang paha bayi patah akibat air ketuban habis dan penolong tidak ahli mengeluarkan bayi.




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   88098   
>  Olahraga Terbaik Ibu Hamil   35917   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   29466   
>  Mengasuh Anak Autis   21220