Miom Di Dinding Rahim

Miom Di Dinding Rahim  Ayahbunda.co.id
Image by : -
Tanya: Apakah miom di dinding rahim saya (28) menyebabkan sulit hamil? Saya sudah 2,5 tahun menikah tapi belum hamil.    

Jawab: Memang benar miom -sel otot dinding rahim yang berubah jadi tumor dan menempel di  otot dinding rahim- dapat mempersulit kehamilan. Jika  tumbuh di saluran leher rahim bisa mengakibatkan leher rahim mengecil atau menyempit sehingga menghambat masuknya sperma ke rahim atau mempersulit pembuahan, dan jika tumbuh di dinding rahim bisa mempersulit implantasi atau penanaman sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim.

Untuk menegakkan diagnosa gangguan kesuburan akibat miom, harus diketahui letak dan ukurannya melalui pemeriksaan lengkap panggul, ultrasonografi, pemeriksaan gelombang suara, atau dengan histeroskopi dan laparoskopi -pemeriksaan dengan memasukkan  teleskop kecil melalui  vagina dan serviks ke rahim.

Jika diperlukan, bisa dilakukan terapi untuk miom berupa obat-obatan dan istirahat, terapi pil KB rendah estrogen untuk mengendalikan perdarahan haid, dan terapi obat agonis GnRH (agonist Gonadothropin-releasing Hormone) untuk menyusutkan miom dengan mengurangi jumlah estrogen dalam tubuh. Operasi pengambilan dilakukan bila miom membesar dan mengganggu organ tubuh, termasuk organ reproduksi.

dr. Irham Suhaemi, SpOG   





Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Melatih Memori Bayi   8983   
>  Memahami Perspektif Bayi   2697   
>  Perubahan Dunia Ayah   1870