Pendengaran Bayi dan Gangguannya

 

Apa yang mampu didengar bayi, ikut menentukan apa yang mampu dikatakannya. Kemampuan mendengar bayi, tentu saja akan menjadi salah satu “bekal” baginya untuk mengenal suara-suara di sekitarnya.

 

Pendengaran bayi juga menjadi “bekal” untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya, yang mungkin masih terpendam. Salah satunya adalah kemampuan bayi berbicara. Bayi belajar bicara dengan meniru apa yang ia dengar.

 

Deteksi dini gangguan pendengaran. Untuk mengoptimalkan perkembangan indera pendengarannya, tentu Anda harus waspada terhadap gangguan-gangguan yang mungkin menyerang indera pendengarannya.

Gangguan atau kelainan perkembangan indra pendengaran pada bayi dan balita, bila terdeteksi sebelum umur 3 bulan, atau paling telat umur 6 bulan, memiliki kemungkinan dapat dilakukan rehabilitasi dengan lebih baik dan optimal.

Yuk, bantu bayi Anda untuk dapat menggali potensi dirinya, dengan memantau kemampuan pendengarannya agar dapat berkembang optimal. Cobalah amati perkembangan indera pendengaran anak sesuai usianya.

 



Artikel Rekomendasi