Perbedaan Fungsi Otak Anak Lelaki dan Perempuan

 

Penelitian di Virginia Tech, Amerika Serikat (2008) terhadap 224 anak perempuan dan 284 anak lelaki usia 2 bulan -16 tahun mengungkapkan, kemampuan berbahasa dan motorik halus anak perempuan berkembang 6 tahun lebih awal dibandingkan area otak anak lelaki. Sedangkan area di otak yang melibatkan kemampuan spasial dan menargetkan suatu hal, berkembang 4 tahun lebih awal pada anak lelaki dibandingkan otak anak perempuan.

Anak laki-laki:
Kemampuan spasial. Jika diperhatikan, si buyung kelihatan lebih unggul dalam menangani benda-benda tiga dimensi, sehingga ia lebih baik dalam kemampuan merancang, menyusun dan abstraksi. Misalnya, membangun jembatan dari balok-balok susun atau memecahkan soal matematika. Ini karena lobus parietal, atau bagian otak yang letaknya di pelipis bawah yang bertanggung jawab untuk mengatur persepsi, pada anak laki-laki lebih besar sekitar 6% daripada anak perempuan. Si buyung jadi lebih mudah membayangkan suatu benda atau tempat dibanding si upik.

Kandungan bahan kimia. Anak laki-laki lebih emosional dan gampang naik darah ketika menghadapi konflik. Ini karena bagian otaknya yang disebut lymbic temporal akan lebih aktif. Bagian ini adalah pengatur emosi yang berhubungan dengan aksi motorik, teristimewa perilaku agresif ketika emosional. Karena itu, si buyung cenderung menyalurkan emosinya dengan pukulan atau makian. Selain itu, ada kerja hormon yang memengaruhi perilaku anak laki-laki, yaitu hormon serotonin mereka yang lebih rendah daripada anak perempuan. Itulah mengapa anak laki-laki tampak lebih “gelisah”.

Anak perempuan:
Kemampuan berbahasa. Gadis kecil Anda cenderung lebih bawel dan cerewet daripada sang jagoan cilik? Jangan heran. Ini karena jalur saraf (corpus callosum) antara belahan otak kanan dan kiri di anak perempuan sudah terhubung lebih awal, yakni sejak masih di dalam rahim. Selain kemampuan berbahasanya lebih cepat dibandingkan anak laki-laki, anak perempuan juga  mampu merangkai kata-kata dalam kalimat yang panjang. 

Pintar menyimpan memori. Kalau anak perempuan menjadi pengingat yang pandai, tak usah heran. Soalnya, bagian otaknya yang bernama hippo campus, yakni pusat pengatur memori, lebih besar dibandingkan anak laki-laki. Anak perempuan lebih pandai mengingat, bahkan pada hal-hal yang rinci atau detil.

Kandungan bahan kimia. Jika anak perempuan sedang emosi, bagian otaknya yang bernama cyngulata gyrus akan lebih aktif. Bagian otak ini mengontrol emosi seseorang. Namun kurang baiknya, jika gadis kecil Anda sedang bersedih, ia lebih suka memendam perasaannya sehingga sering menderita depresi. Hormon serotonin mereka pun mampu membuat mereka lebih tenang. Tak heran jika anak perempuan lebih kalem menanggapi konflik. Selain serotonin, perempuan juga memiliki hormon oksitosin, yaitu zat yang membuat mereka lebih luwes dalam menjalin relasi antar manusia.


 

 



Artikel Rekomendasi