Periksa Dalam Kehamilan

Periksa Dalam Kehamilan Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Pemeriksaan dalam saat kehamilan, memiliki banyak manfaat. Memang sebagian data periksa dalam, khususnya untuk mengetahui kondisi organ reproduksi, bisa digantikan dengan USG (ultrasonografi) biasa, yang memindai daerah perut, maupun transvaginal. Meski begitu, pemeriksaan daerah vagina dan mulut rahim lewat alat speculum tetap harus dilakukan, karena tidak bisa digantikan oleh USG.

Apa itu periksa dalam? Dari namanya saja, bisa diduga kalau yang diperiksa adalah bagian dalam tubuh. Tepatnya, alat reproduksi yang letaknya di dalam tubuh, yakni rahim, kedua saluran telur, dan kedua indung telur. Karena pemeriksaan ini lewat vagina, makan kondisi vagina juga diperiksa. Walau tampak menyeramkan, karena jari dokter masuk ke vagina, tapi pemeriksaan ini tidak membuat Anda merasa nyeri. Memang sebaiknya Anda santai saja saat diperiksa, karena bila tegang malah akan menyulitkan dokter pemeriksa.

Apa manfaatnya:
  • Meraba kondisi organ reproduksi dan alat kelamin bagian dalam.
  • Mendeteksi adanya kelainan pada organ reproduksi dan alat kelamin, bagian dalam.
  • Mendeteksi adanya kelainan pad aorgan reproduksi dan alat kelamin, bagian dalam, seperti tumor, kista, atau infeksi, yang akan lebih terasa bila dilakukan dengan jari dokter.
  • Mengetahui apakah benar-benar terjadi kehamilan atau tidak.
Kapan perlu diperiksa?
  • Idealnya dilakukan pada pemeriksaan kehamilan pertama kali agar dapat diketahui ada gangguan atau tidak di organ reproduksi, sehingga dapat ditangani lebih awal. Namun banyak ibuhamil yang merasa risih bila harus menjalani periksa dalam. Dokter kandungan baru akan melakukannya bila ibuhamil ada keluhan.
  • Bila mengalami keputihan, pendarahan dari vagina, kondisi hamil muda dan ada tumor, kista atau miom.
  • Belum melakukan pap smear dalam 3 tahun terakhir. Pemeriksaan usap di permukaan leher rahim dapat mendeteksi perubahan awal pada bagian mulut rahim yang bisa menjadi kanker di kemudian hari jika organ reproduksi tidak dirawat dengan benar.
     



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Ayah pun Ikut Menyusui   32579   
>  7 Mitos Tentang Ayah   20577   
>  Melatih Memori Bayi   5039   

 
 border=
Berat Badan Berlebih
Apakah saat hamil Anda mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan?
Ya
Tidak