Pola Tidur Bayi

 

Setiap bayi punya pola tidur masing-masing yang tidak sama pada setiap bayi. Ada yang bisa tidur semalam tanpa terbangun, ada yang bangun beberapa kali untuk menyusu atau ganti popok. Kapan bayi mulai bisa tidur semalaman tanpa terbangun, juga berbeda pada setiap bayi. Namun tidur nyenyak bayi bisa Anda usahakan dengan melakukan pembiasaan. Pola tidur bayi bisa Anda pelajari dan Anda pun bisa mengondisikan sesuai polanya.
  • Ada bayi yang tidur nyenyak setelah mandi. Sebelum bayi Anda tidur, seka tubuh bayi dengan air hangat untuk membuatnya tidur lelap.
  • Bayi tidur nyenyak setelah perut kenyang. Pastikan bayi kenyang sebelum tidur. Bayi lapar biasanya tidur terputus-putus untuk minta menyusu.
  • Bayi tidur nyenyak bila mendengar bunyi-bunyian, seperti music atau suara ibunya. Bacakan buku atau bercerita apa saja. Meski bayi belum paham isi cerita, suara Anda bagaikan lagu yang bisa meninabobokkannya. Di usia selanjutnya, anak akan paham bahwa dongeng atau cerita merupakan pertanda ia harus tidur. Menyanyi atau perdengarkan musik lembut bisa Anda lakukan karena dapat membantu bayi mudah tidur. Bayi akan belajar mengaitkan lagu dengan tidur.
  • Ada bayi yang lebih suka digendong saat tidur, karena ayunan dan bunyi detak jantung ibu membuatnya tidur lelap. Di usia selanjutnya, bayi tahu, bila ia digendong berarti saatnya tidur. Tak perlu khawatir berlanjut sampai ia besar. Sejalan dengan perkembangannya, anak akan memilih sendiri cara tidurnya.
Baca juga:
Lama Tidur Bayi dalam Sehari
Agar Bayi Tidur Lebih Nyenyak
Manfaat Tidur Pada Bayi


 



Artikel Rekomendasi