Riset Tentang Kebaikan ASI

 

Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat ASI bagi tumbuh kembang dan kesehatan bayi. Jadi tidak ada yang perlu diragukan lagi untuk memberikan ASI minimal 6 bulan pada bayi Bunda. Beberapa hasil riset berikut ini akan menambah keyakinan tentang kebaikan ASI. Selamat menyusui!
  • Anak lebih tahan stres. Penelitian dari Asutralia menemukan bahwa anak yang menyusu ekslusif atau lebih alam dari 6 bulan, memiliki risiko lebih rendah dalam masalah gangguan mental saat ia dewasa. Bayi-bayi yang mendapatkan ASI ekslusif lebih dapat mengatasi stres dan punya kelekatan yang kuat dengan ibunya.
  • Melindungi bayi dari asma. Penelitian dari University of Bristol (Inggris), melaporkan Asi melindungi bayi dari asma dalam tiga tahun pertama usianya. ASI tidak melindungi asma setelah usia anak 3 tahun tapi perlindungan dari serangan asma di usia awal akan melindungi paru-paru.
  • Ibu tidak abaikan bayi, penelitian oleh Master University of Queensland (Australia), menemukan bahwa ibu yang menyusui bayinya tidak akan melakukan kelekatan onterpersonal seperti sentuhan fisik, memeluk, menggendong, kontak mata dan berbicara kepada bayinya.
  • Pengaruh buruk obat anti depresi. Peneltian dari Cincinnati College of Medicine (AS) menunjukkan, konsumsi obat antidepresi bagi ibu baru yang mulai menyusui dapat memengaruhi produksi ASI karena obat antidepresi dapat memengaruhi tingkat hormone serotonin dalam tubuh. Padahal hormone serotonin adalah hormon untuk memproduksi ASI.
  • Mencegah gangguan emosi. Penelitian yang dilakukan oleh Telethon Insitute for Child Health Research, Perth (Australia) menemukan bahw bayi yang disusui lebih dari 6 bulan memiliki risiko yang rendah terhadap masalah kesehatan mental saat remaja, anak-anak yang disusui lebih lama dari 6 bulan lebih mudah beradaptasi dengan stres.(me)

Baca juga:


 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Obat Pereda Sakit Saat Melahirkan

Jujur saja, melahirkan memang sakit, karena ada aktivitas besar tubuh untuk mengeluarkan bayi. Tapi ada gas etonox, epidural, ILA, untuk kurangi rasa sakitnya. Silakan dipilih!... read more