Saat Hamil, Kendalikan Bobotmu, Bunda!

 

Hamil tak berarti, harus makan untuk dua orang. Penambahan porsi makan yang benar adalah seimbang antara jumlah dan komposisi gizi.
Penambahan berat yang tepat selama masa hamil adalah dengan makan makanan yang sehat dan seimbang. Dengan begitu bayi Anda akan mendapatkan semua nutrisi yang ia perlukan untuk pertumbuhannya.

Memang benar, Anda membutuhkan kalori lebih dari makanan yang kaya nutrisi untuk pertumbuhan bayi Anda, tapi Anda hanya memerlukan tambahan kalori sebesar 100 hingga 300 kalori. Jika berat badan Anda sebelum hamil normal, maka kenaikan berat Anda sebaiknya antara sembilan sampai 12 kg.

Kalau berat sebelum hamil berlebih, maka kenaikan berat badan Anda cukup enam sampai sembilan kg. Bila sebelum hamil berat badan Anda termasuk kurang, kenaikan berat badan sebaiknya antara 12-15 kg. Dan bila Anda memiliki bayi kembar, kenaikan berat badan Anda harus lebih banyak lagi.

Pada umumnya, kenaikan berat badan Anda pada trimester pertama hanya mencapai satu sampai dua kilogram. Dan setengah kilo per minggunya untuk bulan-bulan kehamilan berikutnya.

Apabila Anda, ibu hamil yang mengalami pertumbuhan berat badan yang sangat pesat atau malah sebaliknya berat badan Anda selama hamil kurang, Anda harus mengubah pola makan Anda. Bukan diet atau makan berlebihan, tapi merubah pola makan menjadi pola makan sehat.

Atur keperluan asupan kalori dasar Anda untuk tetap menjaga kesehatan Anda. Rata-rata ibu hamil memerlukan sekitar 2500 kalori per hari, dengan pembagian 2200 untuk diri Anda, dan 300 untuk bayi Anda.

Bagi Anda yang kelebihan berat badan selama hamil, Anda juga bisa meningkatkan olahraga Anda. Lebih aman jika Anda menurunkan berat badan dengan berolahraga ketimbang dengan diet.

Mau tahu kemana saja larinya berat badan Anda selama hamil? Berikut distribusinya:

Bayi3-4 kg
Plasenta1-1,5 kg
Air ketuban1-1,5 kg
Jaringan payudara1-1,5 kg
Peningkatan suplai darah1,5-2 kg
Persediaan lemak2,5-4,5 kg
Total12-15 kg

Dengan demikian, Anda bisa menjaga asupan nutrisi yang tentunya berguna bagi Anda dan perkembangan bayi Anda. Sebagai calon ibu yang kini sedang hamil,  sudah pasti Anda dituntut untuk sangat memerhatikan pola makan Anda selama kehamilan.


Foto/Dokumentasi - Ayahbunda

 



Artikel Rekomendasi