Saat Tepat Melepas IUD

Saat Tepat Melepas IUD Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Spiral atau IUD, biasanya dipasang untuk waktu 4-8 tahun. Bila seorang akseptor IUD ingin hamil, maka IUD (spiral) bisa dilepas kapan saja.

Pada akseptor (pemakai) IUD yang tetap, belum mau hamil, atau sudah mantap tidak ingin hamil lagi, maka IUD (spiral) perlu diperiksa setiap tahun dan diganti setiap 4-8 tahun, sesuai dengan jenis (tipe) IUD yang dipakainya. Untuk memudahkan penggantian IUD (spiral), maka saat melepas sebaiknya dilakukan pada waktu haid, ketika mulut rahim relatif lebih terbuka. Namun, sebenarnya IUD dapat dilepas setiap saat.

Jika saat ingin hamil kuatir akan infeksi TORCH, perlu diketahui bahwa infeksi TORCH ini terjadi lewat udara, namun bisa juga terjadi lewat cara lain. Toksoplasma adalah parasit yang hidup di usus kucing. Parasit itu mudah sekali menyebar ke tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, sayuran, dan sebagainya, sehingga infeksi ke manusia bisa lewat makanan ( daging yang setengah matang), atau sayuran/ buah-buahan yang tidak dicuci dengan benar.

Virus herpes genitalis memang bisa menular melalui hubungan suami istri (hubungan seksual), namun tidak melalui alat-alat makan. Keberhasilan pengobatan infeksi TORCH hingga tuntas, sangat individual. Pengobatan bisa hanya beberapa hari, namun bisa juga hingga berbulan-bulan. Untuk mengetahui hasil pengobatannya, diperlukan evaluasi klinis dan laboratorium. (Foto/Dok.Femina Group)



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   89288   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   30270   
>  Mengasuh Anak Autis   21568   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   18194