Sterilkah Makanan Bayi dalam Kemasan?

 

Benarkah makanan bayi siap saji pasti steril dan kandungan gizinya terjamin dapat menunjang kesehatan dan kecerdasan bayi? Pada umumnya, ya. Asalkan, Anda menguasai cara tepat menyajikan dan menyimpan makanan bayi siap pakai tersebut. Padahal, beda bahan makanan bayi, beda kemasan, beda pula perlakuannya.

Yang utama yang harus diperhatikan adalah, semua makanan bayi siap pakai telah difortifikasi (ditambah) dengan vitamin, mineral dan aneka nutrisi penting bagi bayi. Untuk itu, hampir semuanya tidak tahan suhu panas, antara lain terpaan sinar matahari langsung, suhu dalam ruang penyimpanan yang tinggi dan lembab.

Biasanya, pada kemasan telah tertera petunjuk penyajian, termasuk suhu air yang disarankan untuk digunakan mencampurnya, misalnya pada jenis makanan dan minuman bubuk. Untuk makanan bayi yang langsung dapat dikonsumsi, perhatikan pula cara penyimpanan sebelum dan sesudah dibuka.

Sederhana saja, bukan? Anda hanya perlu jeli dan sedikit lebih teliti, dan akhirnya... kegiatan makan bayi jadi nikmat, higienis dan praktis. Nyam, nyam, nyam….

 



Artikel Rekomendasi