Stimulasi Khusus Bayi Prematur

 

Foto: Pixabay
 


Tanya: Bayi saya lahir prematur (7 bulan). Kini, di usia 11 bulan bobotnya hanya 7400 gram dan panjang 64 cm. Giginya belum ada satu pun yang tumbuh, dan belum bisa duduk sendiri. Adakah stimulasi khusus bayi prematur?


Jawab: Bayi prematur kemungkinan memang lebih lambat dalam menguasai suatu keterampilan dibanding bayi lahir cukup bulan. Pemantauan tumbuh kembang sebaiknya dilakukan berdasarkan usia sesungguhnya dari bayi prematur. Misalnya, bila saat ini 11 bulan, maka usia sesungguhnya adalah 8 bulan, ukuran berat dan panjang badannya di bawah nilai rata-rata, yaitu 8-9 kg dan 68-70 cm. Kondisi ini harus Anda konsultasikan ke dokter anak.

 

  1. Pada masalah pencernaan dan pertumbuhan gigi, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Bila ia sering terserang diare, bawa ke dokter untuk dicari penyebabnya.
     

  2. Pada perkembangan motorik kasar, anak Anda mampu duduk dengan bantuan. Untuk mencapai kemampuan duduk sendiri, biarkan anak bermain di matras atau kasur, lalu berikan mainan sehingga dia termotivasi untuk belajar mengangkat badan ke arah posisi duduk. Selain itu, jangan terlalu sering digendong.

 

 



Artikel Rekomendasi