Tepat Memberikan MPASI

 

Perut bayi perlu waktu yang tepat untuk mulai makan. Obesitas dan gangguan pencernaan mengintai bayi yang makan terlalu awal.

Fungsi makanan pendamping ASI (MPASI) hanya sebagai pendamping ASI, dan bukan makanan utama. Makanan utama bayi usia 0 sampai 6 bulan adalah ASI, sebab zat-zat gizi yang terkandung di dalam ASI cukup memenuhi semua kebutuhan nutrisi bayi. Baru di atas usia 6 bulan, bayi membutuhkan MPASI, yaitu untuk:
  • Memberi kesempatan sistem pencernaan berkembang lebih matang. Sistem pencernaan bayi usia 6 bulan sudah relatif sempurna dan siap menerima "tamu" baru selain ASI -yang kini hanya memenuhi 80% kebutuhan nutrisi. Beberapa enzim pemecah protein seperti asam lambung, pepsin, lipase dan sebagainya, sudah diproduksi secara sempurna pada usia 6 bulan.
  • Memberi kesempatan agar sistem yang dibutuhkan untuk mencerna makanan padat, dapat berkembang lebih baik. Misalnya, coba lihat ada apa di mulut bayi? Ya, giginya baru tumbuh! MPASI akan melatih gigi untuk beradaptasi  dengan makanan baru. Begitu juga usus dan lambung. Mereka sudah siap untuk bekerja lebih keras, sehingga harus diberdayakan agar kemampuannya kian sempurna.
Tepat Usia dan Triknya. Bahkan ketika bayi lulus ASI eksklusif di usia 6 bulan pun, pemberian MPASI harus dilakukan secara cermat dan bertahap.
  • Kenalkan 1 jenis makanan baru dulu selama2-4 hari. Setelah itu, baru perkenalkan makanan lain.
  • Beri makanan yang tidak menyebabkan alergi, misalnya mengandung protein paling rendah, misalnya beras merah.
  • Beri dulu makanan yang rasanya mirip ASI, misalnya, bubur beras.
  • Bayi harus duduk saat makan agar makanan bisa meluncur dengan mudah.
  • Jangan tambah garam dan gula, atau bila perlu, sedikit saja.
  • Cukup 1-2 sendok saja atau beri MPASI dalam jumlah bertahap, mengingat lambung bayi masih sangat kecil -seukuran bola pimpong. ASI tetaplah makanan utama saat ini.(me)
Baca juga:
Terlalu Cepat MPASI, Berdampak Bagi Kesehatan
Tanda Bayi Siap MPASI




 



Artikel Rekomendasi