Tidur Nyaman di Trimester Akhir Kehamilan

Tidur Nyaman di Trimester Akhir Kehamilan Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Di trimester akhir kehamilan, tidur bagai barang mahal yang sulit didapat oleh ibu hamil. Bermacam gangguan kerap muncul, seperti rasa tidak nyaman, mudah terbangun hanya karena berganti posisi tidur serta bermimpi buruk. Padahal, istirahat yang cukup sangat dibutuhkan untuk mendapatkan energi yang optimal menjelang proses melahirkan.

Kurang bebas. Alasan yang paling mendasar sulitnya ibuhamil mendapatkan posisi tidur yang nyaman adalah pertambahan ukuran janin. Perasaan takut janin “tergencet” saat tidur menyebabkan Anda tidak bisa bebas dalam menentukan posisi tidur. Alhasil Anda lebih sering berhati-hati ketika tidur.

Fisik dan psikologis. Selain masalah kenyamanan dalam posisi tidur, ada banyak persoalan lain yang menyebabkan tidur Anda terganggu. Beberapa persoalan tersebut bisa berasal dari faktor fisik, misalnya sering buang air kecil, kram serta “tendangan” bayi ke perut. Faktor lainnya terkait dengan masalah psikologis sang ibu hamil, antara lain stres menghadapi hari persalinan.

Posisi tidur. Pada dasarnya, berbagai posisi tidur yang dijalani ibuhamil tidak mengganggu keberadaan sang janin. Hal itu dikarenakan tubuh Anda diciptakan sebegitu rupa sehingga mampu memberikan perlindungan bagi janin. Janin tetap merasa nyaman karena mengapung pada cairan ketuban. Satu lagi, ia juga mempunyai ruang sendiri agar dapat bergerak bebas.

Dianjurkan. Meski belum ada penelitian lebih dalam mengenai posisi tidur yang aman dan nyaman bagi ibu hamil, posisi tidur miring ke sisi kiri sangat dianjurkan. Posisi ini memberikan keuntungan bagi janin untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta. Ini karena adanya vena besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan spina yang mengembalikan darah dari tubuh dari bagian bawah ke jantung. Selain itu, membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh Anda sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki dan tangan.

Tidur dengan posisi miring ke kanan juga tidak masalah, bahkan hal ini membuat Anda lebih leluasa dalam mengganti posisi tidur yang lebih nyaman. Minum susu khusus untuk ibuhamil menjelang tidur akan turut membantu Anda tidur lebih nyenyak.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   88663   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   29854   
>  Mengasuh Anak Autis   21404   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   17887