Tips Jitu Menemani Balita di Meja Makan

 

Balita anda lebih antusias pada makanan yang terdapat di piring orang lain dari makanan di piringnya sendiri ?

Jangan heran jika balita satu tahun Anda suka pilih-pilih makanan. Karena sebenarnya balita usia satu tahun  sedang melakukan eksplorasi rasa sebagai bagian dari proses tumbuh kembangnya. “Yang dipikirkan balita satu tahun tentang makanan adalah: 'makanan yang berada di piring yang bukan piringnya, rasanya berbeda'. Itu sebabnya, kadangkala anak yang tidak mau makanannya sendiri, akan menyukai makanannya bila berada di piring lain yang gambarnya lain dari piring makannya”, kata Ann Douglas, penulis Mealtimes, Solutions for Your Baby, Toddler and Preschooler.

Sediakan saja beberapa jenis makanan yang aman untuk balita konsumsi seperti makanan yang tidak terlalu pedas misalnya. Bahkan saat makan seperti ini juga bisa menjadi ajang buat ayah dan bunda untuk mengenalkan jenis makanan baru kepada balita.

Sesungguhnya proses makan itu adalah proses sensori yang amat rumit yang menggabungkan antara pengalaman belajar dengan tingkat kematangan otak balita.
Jadi temani saja balita Anda bereksplorasi dengan berbagai rasa makanan yang beragam. Ajak juga balita Anda untuk makan di meja makan, dengan terlebih dahulu membaca doa dan menggunakan tangan kanan dalam mengambil makanan.

Karena makan bagi balita juga adalah proses meniru. Bila dia melihat orang tua nya menghadapi meja makan dengan penuh rasa syukur dan dengan wajah riang, maka seperti itulah kelak dia akan menirunya.

Jadikan jam makan balita sebagai saat yang menggembirakan buatnya !
Selamat makan !

 



Artikel Rekomendasi