Uniknya Kehamilan Kembar

Uniknya Kehamilan Kembar  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda

Anak kembar adalah dua orang anak atau lebih yang lahir dari satu masa kehamilan yang sama. Tetapi setiap kehamilan kembar adalah unik, karena tak selalu berasal dari satu telur.  Jenis kelaminnya pun bisa sama, bisa juga berbeda

Secara umum, kehamilan kembar bisa dibedakan menjadi 2 jenis, berdasarkan jumlah sel telur yang menjadi cikal bakal embrio (bakal janin). Pertama, kembar yang berasal dari 1 sel telur, disebut monozigot. Kedua, kembar yang berasal dari 2 atau lebih sel telur, disebut dizigot. Dari seluruh jumlah orang kembar di dunia, 8% adalah kembar monozigot.

Monozigot. Proses terjadi kehamilan kembar: Satu sel telur yang telah dibuahi oleh satu sel sperma (zigot), membelah diri menjadi dua belahan. Setelah menempel di dinding rahim, kedua belahan berkembang sendiri-sendiri menjadi janin yang sempurna.

Kembar jenis ini disebut juga sebagai kembar identik atau kembar satu telur. Kemungkinan terjadi kembar identik adalah 1 dari 150 kelahiran. Kembar identik terjadi karena faktor alam, dan bukan faktor keturunan Sekitar 75% kehamilan kembar identik, hanya mempunyai satu ari-ari atau plasenta dengan satu selaput ketuban (amnion). Atau, satu ari-ari dengan dua selaput ketuban.
Ciri khasnya:

  • Selalu berjenis kelamin sama, yakni perempuan dan perempuan, atau laki-laki dan laki-laki.
  • Mereka biasanya memiliki wajah dan penampilan sama, bahkan seringkali memiliki kepribadian yang sangat mirip satu sama lain.
  • Anak kembar identik tercatat berumur lebih panjang dibanding anak kembar fraternal. Kembar identik bisa berumur hingga lebih dari 100 tahun

Dizigot. Proses terjadinya: Satu atau lebih sel telur dibuahi oleh dua sel sperma yang berbeda. Lalu, masing-masing hasil pembuahan (zigot) berkembang menjadi janin yang sempurna. Kembar jenis ini disebut kembar fraternal atau kembar dua telur. Kemungkinan terjadi kembar fraternal adalah 1 dari 60 kelahiran. Kembar fraternal merupakan sifat yang genetik yang diturunkan
Ciri khasnya:

  • Jenis kelamin mereka bisa sama dan bisa juga berbeda, yakni  laki-laki dan perempuan.
  • Wajah dan penampilan mereka biasanya tidak terlalu mirip, dan seringkali terlihat seperti kakak-adik. 
  • Anak kembar fraternal, walau pun berumur panjang hingga 80-90 tahun, tapi tidak sepanjang umur anak kembar identik.

Namun, kembar atau tidak dan apapun jenis kelamin pada kehamilan Anda, bayi Anda sangat mendambakan kasih sayang. Sayangilah anak-anak Anda, apapun persamaan maupun perbedaan di antara mereka.




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Melatih Memori Bayi   7320   
>  Memahami Perspektif Bayi   2036   
>  Perubahan Dunia Ayah   1433   

 
 border=
Kegiatan di Mobil
Apa kegiatan di mobil yang Anda lakukan saat mengantar anak ke sekolah?
Membacakan buku
Mengajak ngobrol
Bernyanyi
Melakukan aktivitas edukatif di tablet