Ibu Hamil, Jaga Berat Badan!

 

Normalnya, kenaikan berat badan ibu selama hamil berkisar 13-15 kg. Dan penting jadi perhatian, bagaimana laju pertumbuhan janin. Ini bisa dipantau melalui pemeriksaan kehamilan secara teratur.

Kenaikan berat badan ibu yang berlebih selama hamil bisa memicu terjadinya pre-eklampsia di trimester ketiga ditandai dengan naiknya tekanan darah disertai air seni yang mengandung protein dan terjadinya pembengkakan di wajah, tangan dan kaki ibu, kondisi ini berbahaya, kerena bisa menganggu pasokan oksigen dalam tubuh ibu maupun janin.

Pada wanita yang sudah kelebihan berat badan, maka kehamilan akan menambah lagi berat badannya. Itu sebabnya, bil janin sudah waktunya dilahirkan (436 minggi) , dokter bisa saja mengambil tindakan caesar dengan tujuan mencegah tekanan darah ibu terus meningkat. Selain itu, untuk ibu hamil dengan berat badan lebih dari 90 kg, memang cenderung sulit melahirkan secara normal.

Wanita gemuk juga cenderung memiliki bayi besar (lebih dari 4 kg) yang membuat proses kelahiran dengan jalan normal bisa berlangsung lama. Tindakan Caesar dipilih untuk mencegah komplikasi akibat proses persalinan yang terlalu lama tadi. (me)

Baca juga:
Menghitung Berat Badan Saat Hamil
Menjaga Berat Badan Selagi Hamil 
Trik Menjaga Berat Ideal Bayi


 



Artikel Rekomendasi