Waspada Infeksi Nifas Pasca Kelahiran

 

Saat-saat menegangkan selama proses persalinan berlalu sudah setelah Anda melahirkan bayi. Tapi, Anda masih harus waspada terhadap bahaya infeksi selama masa nifas!

Luka-luka yang terjadi selama proses persalinan bisa jadi pintu gerbang bagi kuman-kuman penyakit untuk masuk ke dalam tubuh. Nah, infeksi nifas atau infeksi yang terjadi setelah persalinan merupakan masalah kesehatan yang serius! Sebab, kerapkali jadi penyebab kematian pada ibu-ibu yang baru bersalin.

Dalam keadaan normal, kuman penyakit sudah terdapat dalam usus dan jalan lahir. Namun, kuman-kuman tersebut tidak bisa masuk begitu saja ke dalam rahim selama air ketuban belum pecah. Ya, janin dan cairan ketuban akan selalu berada dalam keadaan bebas kuman alias steril! Baru ketika ketuban pecah (waktu proses persalinan berlangsung), pintu gerbang masuknya kuman penyakit jadi terbuka lebar.

Selain pintu gerbang tersebut, sebenarnya kuman penyakit bisa juga berasal dari luar. Misalnya, dari sarung tangan atau alat-alat yang dimasukkan ke dalam jalan lahir yang tidak sepenuhnya bebas kuman.

Bahkan di rumah sakit, banyak sekali kuman penyakit infeksi yang berasal dari para pasien yang sedang dirawat. Oleh udara, kuman penyakit tersebut disebarkan ke segala arah, termasuk peralatan yang akan digunakan untuk membantu persalinan. Kalau peralatan itu tidak disterilkan dengan baik, bisa-bisa jadi sarana penularan penyakit infeksi nifas. Karenanya, pada masa nifas, Anda harus makin cermat soal kebersihan di sekitar Anda.
 

 



Artikel Rekomendasi