Makan Apa Bila Hipertensi?

 

Ibu hamil yang mengalami hipertensi perlu menjalani diet rendah garam dan mengonsumsi ragam makanan kaya potasium dan magnesium. Apa saja?

Diet rendah garam terdiri dari diet ringan dengan mengonsumsi garam 3,75-7,5 gram per hari, diet menengah dengan 1,25-3,75 gram per hari, dan berat kurang dari 1,25 gram per hari.
Menjaga rasa makanan sealami mungkin, merupakan cara terbaik menjalani program diet ini. Saat menurunkan konsumsi garam, makanlah banyak buah-buahan dan sayur kaya potasium, seperti kacang-kacangan dan aprikot. Potasium membantu turunkan tekanan darah. Namun jika Anda mengalami gangguan ginjal, hindari potasium sebab memperburuk kondisi ginjal.
Kalsium dan magnesium adalah dua jenis mineral yang baik bagi penderita hipertensi. Terdapat pada susu, ikan laut, rumput laut, kol, kacang almond kering, bayam, alpukat, pisang, kismis, dan kacang mede.
Buah-buahan dan sayuran tinggi serat juga mempunyai kemampuan menurunkan tekanan darah. Asam lemak tak jenuh seperti omega 3 dari minyak ikan tuna juga mempunyai efek yang bagus menurunkan tekanan darah. Alkohol dilarang karena dapat meningkatkan tekanan darah. Waspada pada alkohol yang tersembunyi dalam makanan seperti tape dan durian.        

 



Artikel Rekomendasi