Apa itu Pregorexia?

 

Pregorexia  merupakan singkatan dari pregnancy anorexia, kondisi wanita hamil yang terobsesi mengontrol berat badan selama kehamilan. Padahal, selama kehamilan nutrisi untuk janin harus selalu tercukupi dan juga terdapat angka kenaikan berat badan yang harus dicapai oleh setiap calon ibu.

Pregorexia yang terjadi pada wanita hamil meski tidak familiar namun bukan tidak mungkin terjadi. Seperti halnya anorexia, pregorexia juga ditandai dengan kecenderungan untuk menolak makan lantaran penyebab-penyebab yang biasanya bersifat emosional seperti stres dan depresi berat, hasrat mengontrol yang berlebihan, serta pemahaman yang salah terhadap konsep tubuh ideal.

Anorexia sendiri dapat menyebabkan kematian dan bila tidak ditangani dengan baik, jadi bisa dibayangkan betapa berbahayanya pregorexia karena bukan hanya mengancam kesehatan dan nyawa si calon ibu, namun juga bayi yang dikandungnya. Mereka yang sebelum hamil memiliki riwayat gangguan makan ataupun memiliki sistem dukungan sosial yang lemah di sekitarnya rentan pengidap pregorexia. 

 



Artikel Rekomendasi