Hamil, Penuhi Kebutuhan ADIK

 

ADIK adalah sempat nutrisi esensial di masa kehamilan, yang harus dipenuhi dalam jumlah yang lebih banyak setiap harinya, jika dibandingkan dengan saat sebelum hamil. Keempat nutrisi tersebut sangat dibutuhkan pertumbuhan dan perkembangan janin.

A (Asam Folat), termasuk kelompok vitamin B, yaitu B9, sangat diperlukan terutama pada trimester pertama kehamilan untuk pembentukan sel syaraf janin. Kebutuhan asam folat ibu hamil 600 ug/hari. Bila kekurangan menimbulkan risiko penyakit anemia pada ibu, janin keguguran, lahir prematur atau berat lahir rendah, dan bayi menderita cacat otak. Bahan makanan sumber asam folat: sereal asparagus, bayam, brokoli, bit, kacang merah dan hati.

D (Dua Asam Lemak), adalah komponen asam lemak utama pada otak dan berhubungan erat dengan pertumbuhan otak janin. Bila kekurangan, menyebabkan pertumbuhan otak bayi kurang optimal. Banyak ditemukan pada: ikan laut, kuning telur dan susu yang diperkaya Dua Asam Lemak.

I (Iron atau zat besi) adalah zat pengangkut oksigen di dalam darah. Saat hamil, zat besi dibutuhkan dalam pembentukan plasenta, mencegah anemia (kurang darah) pada ibu hamil, mencegah kelahiran preamtur serta bayi berat lahir rendah. Kebutuhan zat besi ibu hamil 33 mg/hari. Bila kekurangan, resiko anemia pada ibu, bayi lahir prematur atau berat lahir bayi rendah. Bahan makanan sumber zat besi: daging sapi, ati sapi, udang, kerang, bayam, kacang merah, kentang dan roti gandum.

K (kalsium) adalah nutrisi yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi bayi. Bila kalsium yang dikonsumsi ibu hamil kurang, maka kebutuhan kalsium janin akan diambil dari tulang ibu. Karenanya, penting untuk mencukupi kebutuhan kalsium saat hamil. Sesudah melahirkan asupan kalsium dibutuhkan khusunya untuk menggantikan kalsium yang diambil dari tulang ibu sewaktu hamil. Bila kekurangan dalam jangka panjang akan menyebabkan ibu beresiko tinggi terserang osteroporosis. Bahan makanan sumber kalsium antara lain susu dan produk susu, bayam, ikan teri dan tahu. Kebutuhan kalsium pad abu hamil 950 gram/hari.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more