Ibu Hamil Wajib Sarapan!

 

Sarapan sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Menurut penelitian, rutinitas sarapan ampuh menurunkan risiko kegemukan hingga 30%, menurunkan resiko diabetes dan serangan jantung.

Ibu hamil wajib memenuhi jadwal makan seperti biasa, yaitu 3 kali makanan utama dan 2 kali makanan selingan. Kalau keterbatasan waktu jadi kendala, Anda bisa juga membawa bekal sarapan untuk dimakan dalam perjalanan ke kantor. Atau, menikmati brunch—sarapan pada sekitar pukul 10 pagi, sebagai pengganti sarapan. Terutama bagi ibu hamil yang kadang-kadang merasa mual di pagi hari.

Sebagai bagian dari menu sarapan, jangan lupa minum susu atau menyantap produk olahannya seperti yogurt dan keju, sebagai sumber kalsium. Selain berguna menguatkan tulang dan gigi ibu, kalsium juga dibutuhkan oleh janin untuk pembentukan tulangnya.  

Sebuah riset yang dilakukan di Harvard Medical School, Amerika Serikat, membuktikan besarnya manfaat sarapan bagi kesehatan wanita hamil. Menurut Dr. Mark Pereira, ketua tim peneliti, rutinitas sarapan ampuh menurunkan risiko kegemukan sebesar 30%. Sarapan juga mampu menurunkan kemungkinan Anda mengidap diabetes serta serangan jantung. Bukan hanya itu, sarapan juga baik untuk membantu menetralisir mood swing yang sering dialami wanita hamil, dengan cara menetralisir kadar gula darah di dalam tubuh. (me)

Baca juga:
Trik Sarapan Tanpa Rasa Mual

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more