Janin Belajar Di Dalam Rahim

 

Meski masih di dalam perut, tidak berarti janin belum dapat melakukan apa pun dengan organ-organ tubuhnya.  Rahim menjadi tempat dia belajar berbagai hal. Inilah  yang dipelajari janin selama berada di dalam perut Anda.

Mengeksplor kemampuan inderanya. Ketika usia kehamilan masuk trimester ke-3, otak janin  sudah mulai berfungsi memberi respons terhadap beragam rangsangan dari lingkungan.

Belajar makan. Banyak foto hasil USG mengabadikan janin sedang mengisap jempol atau sekadar mengarahkan jempolnya ke mulut. Gerakan ini ditemukan pada janin berusia sekitar 14-16 minggu. Gerakan janin mengisap jempol merupakan bukti janin sudah mulai belajar makan sebagai bekal persiapan setelah lahir. Begitu lahir, cara makan yang mampu dilakukan bayi adalah dengan mengisap puting payudara ibu untuk menyusu. Selain itu,  melalui gerakan janin mengisap ibu jari, akan terlihat pula tangan yang dominan digunakan, sehingga dapat diketahui apakah bayi kidal atau tidak.

Berolahraga. Dari usia kehamilan 20 minggu, janin mulai dapat jungkir balik di dalam rahim, bak atlet. Ini dimungkinkan karena ruang geraknya di dalam rahim masih luas. Sehingga janin  dapat “berolahraga” dengan jenis gerakan yang cukup variatif. Tapi, sejalan dengan tubuh janin yang kian membesar, gerakan kian terbatas. Umumnya, setelah usia kehamilan masuk minggu ke-30 hingga ke-32, janin akan melakukan jenis olahraga lain seperti jalan di tempat, menendang, gerakan seperti petinju. Gerakan-gerakan ini sering dapat dirasakan melalui tonjolan-tonjolan kaki maupun tangan janin pada permukaan perut. Sesekali dia akan memainkan tali pusat sebagai sarana olahraga.
 
Mengembangkan cita rasa. Puting-puting pengecap pada lidah janin mulai bermunculan pada usia kehamilan 7-8 minggu. Diperkirakan pada minggu ke-14, puting-puting pengecap pada lidahnya sudah lengkap sehingga janin mulai dapat membedakan rasa pahit, manis dan asam dari cairan amnion. Sejumlah hasil foto USG menangkap gerakan janin menjulurkan lidahnya untuk menjilat plasenta dan dinding rahim. Ini bukti bahwa janin sedang melakukan eksplorasi dengan indera pengecapnya.

Bergembira. Segera setelah janin mulai dapat bergerak, dia akan melihat benda-benda di sekelilingnya yang dapat dipegang, digenggam, dan digunakan untuk  bermain dan bergembira di dalam  rahim! Setelah jari-jari tangannya  lengkap terbentuk dan dapat digerakkan untuk menggenggam dan memegang, janin akan mencoba untuk meraih dan memegangnya. Banyak hasil foto USG yang memperlihatkan janin sedang memegang tali pusatnya seakan sedang bermain tali. Dan bila Anda memutarkan lagu-lagu tertentu secara berulang-ulang, setelah bayi lahir dia akan  mengenali lagu tersebut.

Bermimpi. Hasil USG 4 Dimensi pada janin di dalam rahim, berhasil menunjukkan bahwa janin kadangkala memiliki aktifitas gelombang otak yang sama dengan gelombang otak seseorang saat sedang bermimpi. Di usia kehamilan 24-30 minggu, janin  mulai dapat bermimpi. Bukti ini ditunjukkan melalui hasil scan terhadap gerakan bola matanya yang dikenal dengan istilah Rapid Eye Movement (REM). Ini adalah proses persiapan yang dilakukan sistem sarafnya untuk kelak menjalani kehidupan di luar rahim. (me)

Baca juga:
Uniknya Gerakan Janin
Stimulasi Otak Janin

 

 


Topic

#9bulanyangmenakjubkan



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more