Janin Sungsang Melintang

Posisi janin siap lahir seharusnya kepala di bawah, tapi ini malah kaki atau bokongnya. Hampir semua janin dalam posisi sungsang di usia kehamilan 28 minggu, dengan kepala berada di bawah tulang rusuk Anda.

Sampai kehamilan 28 minggu, janin masih bebas bergerak sesukanya. Ya, beratnya memang relatif masih lebih ringan dibandingkan rahim. Baru pada usia kehamilan 34-36 minggu, umumnya janin sudah berada dalam posisi normal, yakni kepala masuk rongga panggul dengan kaki di atas. Namun, ada kalanya yang masuk rongga panggul bukan kepala tapi malah kaki atau bokongnya. Posisi ini disebut janin sungsang.

Ada 3 tipe. Posisi janin sungsang biasanya diketahui lewat pemeriksaan dokter. Di minggu ke-34, dokter akan memeriksa daerah perut bagian bawah calon bunda untuk mengetahui apakah posisi janin sudah berada dalam posisi normal atau tidak untuk lahir. Bila dokter mencurigai posisi sungsang, akan dilakukan pemeriksaan ulang melalui ultrasonografi (USG).
Sejauh ini ada tiga tipe posisi sungsang, yakni:
  • Frank breech, bokong janin berada di bawah, kedua tungkai terangkat ke atas hampir menyentuh telinga, posisi hampir sejajar dengan bahu atau kepala. Sebanyak 65-70% janin sungsang adalah posisi Frank breech.
  • Complete breech atau sungsang sempurna, bokong janin berada di atas mulut rahim sementara kedua kaki terlipat sempurna, menghadap ke atas sejajar dengan telinga. Sekilas janin seperti dalam posisi jongkok.
  • Incomplete breech atau sungsang tidak sempurna jika satu kaki janin berada di atas dan kaki lainnya berada di bawah.
Mengapa Sungsang? Penyebab pastinya sampai sekarang belum diketahui, namun bayi sungsang banyak ditemukan pada kasus kehamilan:
  • Janin kembar.
  • Ibu pernah melahirkan bayi prematur.  
  • Air ketuban terlalu banyak sehingga janin bebas berputar-putar.
  • Mengalami plasenta previa. Plasenta yang menutupi jalan lahir dapat mengurangi ruangan dalam rahim sehingga bayi berputar-putar, berusaha mencari tempat yang lebih luas yaitu di bagian atas, sehingga memungkinkan bayi mengubah posisi dan akhirnya sungsang.
  • Panggul sempit, sehingga mendorong janin mengubah posisinya menjadi sungsang.
Janin Melintang. Ada satu lagi posisi janin abnormal yaitu melintang horisontal (transverse pregnancy). Sumbu tubuh bayi melintang terhadap sumbu tubuh ibu, dengan kepala pada sisi yang satu dan bokong pada sisi lain atau berada dalam posisi horisontal.
Sama dengan pemeriksaan janin sungsang, posisi janin lintang diketahui dokter melalui cara meraba perut Anda, lalu dengan alat USG untuk memastikannya. Tindakan dokter selanjutnya, sama pada kasus janin sungsang.

Janin Sungsang, Bisakah Lahir Normal?
Mengubah Posisi Janin Sungsang





Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

 
 border=
Berat Badan Berlebih
Apakah saat hamil Anda mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan?
Ya
Tidak