Masalah Kulit Ibu Hamil

 

Tidak bisa dipungkiri, sejak positif hamil hingga menjelang persalinan, kulit Anda mengalami mengalami banyak perubahan. Sayangnya, beberapa diantara perubahan tersebu membuat kulit Anda jadi tidak menarik. 

Perubahan fisiologis. Tentu saja perubahan kadar berbagai hormon dalam tubuh membuat kulit ibu hamil tampak lebih berminyak, atau berjerawat , tampak lebih gelap, lain-lain. Meskipun ini hal yang umum dialami ibu hamil, tidak semua ibu akan mengalaminya. Ada beberapa faktor yang memicu masalah kulit terjadi, seperti jenis kulit, kondisi hormonal, dan faktor bawaan.

Tidak sembarang kosmetika. Untuk mengatasinya, ibu hamil tidak disarankan untuk sembarangan menggunakan kosmetika. Efek kosmetika atau upaya untuk merawat kecantikan kulit terhadap perkembangan janin belum banyak dilakukan. Namun secara etis, dokter spesialis kulit tak akan memberikan obat oral kepada ibu dengan kehamilan di bawah usia 16 minggu. Sebab, saat itulah sedang terjadi pembelahan sel dan perkembangan yang sangat pesat. “Gangguan” apapun berisiko buruk terhadap perkembangan dan pertumbuhan janin.

Beberapa masalah kulit yang umumnya dialami ibu hamil di antaranya:
1. Jerawat
2. Stretchmarks
3. Varises dan spider veins


 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more