Membersihkan Rumah, Badan Menjadi Sehat

 

Kegiatan menyiram tanaman, berkebun dan menyetrika bisa menguatkan otot tubuh yang diperlukan dalam kehamilan dan persalinan. Yuk coba! Tak perlu ambisius menuntaskan seluruh pekerjaan rumah tangga. Batasi kegiatan hanya 20 menit. Jika merasa lelah, tinggalkan pekerjaan, serahkan kepada asisten Anda.

MENYIRAM TANAMAN. Masih banyak mengandalkan kaki dan tangan karena Anda harus berjalan dari satu tanaman ke tanaman lain sementara tangan membawa alat penyiram berupa gembor, ceret besar yang moncongnya berlubang-lubang. Efeknya sama dengan latihan beban. Jangan ambisius. Demi keselamatan janin, angkat gembor kecil yang berisi air maksimal 1 liter.
  • Angkat gembor dengan tangan kanan kemudian luruskan ke samping. Ulangi 5 kali. Kegiatan ini melatih otot trisep, yaitu otot pada lengan atas bagian belakang. Kemudian, siram tanaman.
  • Isi air lagi, lakukan gerakan kedua. Luruskan lengan ke samping lalu angkat gembor, tekuk dan arahkan ke dada. Ulangi 5 kali. Gerakan ini melatih otot deltoid, yaitu otot teratas dari lengan dekat bahu. Kemudian  siram tanaman.
  • Ambil air lagi. Lakukan gerakan ketiga. Tangan yang membawa gembor diluruskan ke arah depan. Angkat gembor ke atas dengan posisi lengan ditekuk. Ulangi 5 kali. Gerakan ini melatih otot bisep yaitu otot bagian bawah lengan. Siram tanaman.
  • Ganti dengan tangan kiri, lakukan gerakan yang sama.
Menguatkan otot-otot lengan, kaki dan perut sehingga terlihat kencang.

BERKEBUN. Kegiatan ini mengasyikkan, sehingga Anda tak sadar sedang berolahraga.   Memangkas tanaman pagar, menanam pohon baru, memotong ranting-ranting, menggunting rumput dan sebagainya.
Kegiatan pertama :
  • Saat menggunting rumput atau menanam bunga, lakukan dalam posisi duduk (squat), gunakan bangku kecil.
  • Letakkan kedua telapak kaki tepat di atas permukaan tanah.
  • Sambil menggunting letakkan kedua siku tangan di atas kedua paha. Rasakan sampai ada peregangan.  
  • Jangan terlalu lama duduk, karena kegiatan squat ini paling lama boleh dilakukan selama 5 menit. Selingi dengan duduk kemudian berdiri.
Kegiatan kedua :
  • Saat menggunting atau merapikan tanaman, lakukan sambil berdiri.
  • Kemudian bungkukkkan setengah badan kala menggunting daun atau ranting yang terletak di bawah (forward bend).
Menguatkan otot-otot kedua lengan, punggung, juga meregangkan otot-otot panggul.

SETRIKA PAKAIAN. Menyeterika membuat kedua tangan aktif. Tangan kanan ditekuk memegang setrika, kemudian bergerak. Meski tak seaktif tangan kanan, tangan kiri juga bergerak saat memegang pakaian yang sedang diseterika. Kedua tangan Anda aktif saat melipat pakaian. Ingat Anda harus tetap menjaga keseimbangan antara tangan kiri dan kanan. Berhubung Anda sedang hamil, menyeterikalah sambil duduk. Bila sambil berdiri, beban otot kaki cukup berat karena perut yang membesar. Untuk mencegah sakit punggung, sebaiknya salah satu kaki Anda bertumpu pada bangku kecil, bergantian antara kaki kanan dan kiri.
Mengencangkan otot-otot lengan dan pergelangan tangan.

Mengepel, mengelap jendela, dan menyapu 



 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more