Susu Ibu Hamil

 

Beda fase kehamilan, beda juga nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Varian susu ibu hamil ini dibagi dalam 3 fase, konsumsi sesuai kebutuhan tiap trimester.
  • Di trimester 1, ibu mengalami morning sickness dan janin dalam fase pembentukan sistem saraf, otak, jantung dan organ penting lain. Janin butuh asupan zat esensial, salah satunya asam folat. Kekurangan asam folat dapat mengganggu perkembangan otak, cacat bawaan, meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur dan plasenta lepas. Ibu perlu mengonsumsi susu yang diperkaya vitamin B6 untuk membantu mengatasi morning sickness, juga 200-300 mg asam folat dan DHA untuk perkembangan otak janin.
  • Di trimester 2 dan 3, volume darah ibu meningkat 50% untuk membangun rahim, menopang organ tubuh, pertumbuhan jaringan payudara dan mengangkut oksigen serta makanan ke janin. Bila kurang, akan diambil dari cadangan kalsium ibu. Ibu juga mengalami konstipasi akibat membesarnya rahim sehingga menekan organ di perut. Meningkatnya hormon progesteron pun memengaruhi kerja otot halus ibu hamil menjadi lebih relaks. Akibatnya, usus bekerja lebih lambat. Janin pun membutuhkan kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi susu yang diperkaya zat besi. Kebutuhan zat besi ibu hamil 33 mg/hari diperlukan untuk mencegah anemia, kelahiran prematur dan bayi berat lahir rendah (BBLR). Ibu juga perlu zat FOS (Fruktooligosakarida) untuk mencegah konstipasi, kalsium untuk mencegah osteoporosis akibat janin mengambil persediaan kalsium ibu. 
  • Di masa menyusui, ibu perlu nutrisi lengkap dan seimbang untuk pemulihan dan menyusui. Sebaiknya ibu hamil minum susu yang diperkaya DHA, kolin, Omega 3 dan 6 untuk meningkatkan kualitas ASI. Diperkaya sari daun katuk untuk meningkatkan dan melancarkan produksi ASI. Diperkaya kalsium untuk menggantikan kalsium ibu yang hilang saat hamil.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more