Wisata Kuliner Aman Untuk Ibu hamil

 

Tidak sempurna rasanya liburan tanpa mencicipi makanan dan minuman setempat!  Ibu hamil,  tetap bisa menikmati wisata kuliner.  Hanya saja perlu cermat menyiasatinya,  karena risiko kenaikan gula darah yang mengakibatkan diabetes saat hamil atau diabetes gestasional makin tinggi. Ini cara menikmati makanan dan minuman khas saat liburan, tanpa gula darah naik.
  • Menghindari  minuman  penambah energi. Jika Anda merasa lemas saat jalan-jalan di area wisata,  beristirahatlah  sejenak,  daripada mengonsumsi minuman penambah energi. Selain tidak disarankan untuk ibu hamil, minuman ini sangat tinggi tambahan gulanya.
  • Mengurangi gula pada minuman. Setiap kali memesan minuman, misalnya teh manis, minta bubuhi gula sedikit saja. Lebih baik lagi jika Anda memilih manis dari buah segar berupa jus buah.
  • Membatasi jumlah makanan atau minuman yang dikonsumsi. Kondisi hamil bukan berarti Anda bisa makan sebanyak-banyak dalam satu waktu. Anda memang membutuhkan ekstra kalori, tapi dengan pengaturan makan yang tepat dalam satu hari, sehingga gula darah yang dihasilkan bisa tersebar dengan baik ke seluruh tubuh.
  • Memonitor asupan gula. Asupan gula dalam sehari,  maksimal 5 sendok makan (50 gram) untuk ibu hamil normal. Gula,  tidak hanya berupa gula pasir yang ditambahkan dalam makanan atau minuman, tapi juga dari makanan manis lainnya. Makanya Anda perlu memeriksa label informasi gizi dalam makanan atau minuman kemasan. Cari tahu,  berapa kandungan karbohidrat dan kata-kata yang diakhiri dengan ‘osa’ atau ‘ol,’ seperti glukosa, fruktosa, dekstrosa, maltosa, sukrosa, laktosa, manitol, sorbitol, yang semuanya merupakan bentuk gula.
  • Bawa bekal sehat yang praktis. Bisa berupa camilan yang lebih mudah dibawa dan disimpan, namun sedikit mengandung gula tambahan,  seperti kuaci biji bunga matahari atau crackers tawar.
  • Makan 2 hingga 3 jam sekali untuk membantu menjaga kestabilan gula darah dan menghindari makan yang terlalu banyak. Dengan makan lebih sering, tubuh akan lebih mudah memroses asupan makan ibu hamil.
  • Tidak tergoda untuk makan terlalu banyak makanan khas yang tersedia di tempat liburan. Cukup satu porsi saja  dengan jarak waktu yang tidak berdekatan.
  • Tetap olahraga. Meski liburan tak berarti libur berolahraga.  Usahakan untuk tetap melakukan olahraga seperti berenang di hotel atau jalan santai di sekitar hotel. (me)
Baca juga:
Hamil, Jangan Sembarangan Makan!
Wisata Kuliner Tidak Aman
Makan Cerdas Saat Hamil
Saran Makanan Bagi Ibu Hamil

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more