Wisata Kuliner Tidak Aman

 

Wisata kuliner adalah salah satu agenda wajib saat kita pergi berlibur di suatu daerah. Namun khusus untuk ibu hamil, hindari makanan dan minuman ini karena bisa menaikkan gula darah.
  • Minuman bersoda. Kandungan pemanis yang ada di dalam minuman bersoda bisa meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, rasa manis minuman soda merangsang untuk minum lebih banyak lagi. Akibatnya asupan pemanis dalam tubuh jadi tidak terkontrol.
  • Biskuit  cokelat mengandung gula yang cukup banyak. Sedangkan  biskuit dengan tambahan cokelat chip kandungan gulanya lebih tinggi tinggi lagi.
  • Cake. Kue manis atau cake yang banyak dijual di tempat wisata,  ternyata mengandung cukup tinggi gula. Gula dalam pembuatan cake digunakan sebagai campuran bahan dasar dan juga sebagai penghias bagian atas cake.
  • Fast food. Makanan yang praktis dan cepat saji seperti fast food menjadi salah satu pilihan makanan saat berlibur. Rasa gurih yang tersaji dari fast food dapat merangsang untuk makan terus menerus, sehingga  bisa berisiko menaikkan gula darah karena fast food minim serat dan tinggi lemak.
  • Es buah atau es cendol. Selain diberi gula cair, minuman jenis ini juga kadang diberi  sirup dan susu kental manis di atas es sebagai pemanis, yang jelas bisa membuat gula darah naik.
  • Minuman kemasan. Teh kemasan, jus kemasan dan minuman buah kemasan mengandung tambahan gula yang cukup tinggi. Minuman ini populer menjadi bekal saat liburan karena mudah dibawa dan cukup segar jika dinikmati dalam keadaan dingin.
  • Roti manis. Mengandung gula pada bahan dasarnya, ditambah lagi pada isi roti manis berupa selai atau cokelat. Beberapa roti manis juga ditaburi dengan gula pasir di atas roti.
  • Jeli kemasan. Jeli atau agar-agar kemasan mengandung gula buatan. Ukuran jeli kemasan yang biasanya kecil,  sehingga cenderung dikonsumsi lebih dari satu buah. Semakin banyak jumlah yang dikonsumsi, makin banyak juga asupan gula. Jeli kemasan umumnya hanya mengandung gula saja.
  • Sirup. Tidak hanya dalam bentuk minuman, sirup juga bisa ditemui di dalam makanan lain seperti pancake, banana split atau pisang ijo.
  • Es teh manis. Minuman yang sangat umum dan tersedia di berbagai daerah ini mengandung banyak gula. Umumnya penjual menambahkan gula sampai 3 atau 4 sendok ke dalam teh manis pesanan Anda.
  • Gorengan. Hampir sama dengan fast food, gorengan yang gurih dan berukuran kecil ini merangsang untuk makan terus menerus. Selain minim mengandung serat, gorengan juga tinggi akan lemak. (me)
Baca juga:
Pilih-Pilih Makanan Ibu Hamil
Panduan Makan Ibu Hamil

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more