Infeksi Rahim, Jadi Sulit Hamil?

Infeksi Rahim, Jadi Sulit Hamil? Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya: Saat saya periksa ke dokter, saya mengalami infeksi rahim. Apa penyebab infeksi rahim dan bisakah meghambat kehamilan?

Jawab: Peradangan rahim sering diawali oleh peradangan saluran vagina. Jika dibiarkan, jumlah kuman akan bertambah dan ketika daya tahan tubuh terus menurun, kuman leluasa menjelajah bagian lain seperti rahim. Gejala infeksi di antaranya: keputihan, keluarnya cairan seperti nanah dan bau, demam dan nyeri di perut.

Kondisi paling membahayakan adalah jika infeksi di rahim dibiarkan dan menjalar ke rongga panggul hingga menimbulkan radang. Radang panggul terjadi jika kuman sudah menembus rongga perut, bersemanya di saluran telur dan menyebabkan penyumbatan. Saluran telur yang tersumbat, menyebabkan sel telur tidak bisa keluar dan menyebabkan ketidaksuburan. Akibatnya, seorang perempuan jadi sulit hamil.

Infeksi rahim dapat disebabkan oleh kelalaian membersihkan daerah vagina dan pemakaian alat persalinan yang tidak steril. Infeksi ringan biasanya diatasi dengan antibiotik untuk membunuh kuman. Lanjutkan pengobatan ke dokter kandungan.

dr. Sofani Munzila, SpOG
POGI Jaya



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Melatih Memori Bayi   8978   
>  Memahami Perspektif Bayi   2695   
>  Perubahan Dunia Ayah   1868