Keguguran Berulang

 

Tanya: Mengapa 3 janin saya (30) meninggal di usia 6 bulan dengan kondisi bobot kurang? Apa yang harus saya lakukan saat hamil lagi?

Jawab: Keguguran berulang dapat dilihat dari 2 faktor: janin dan ibu. Keguguran yang disebabkan faktor janin, terjadi lebih dini, dipicu adanya kelainan materi genetik atau kromosom yang berat, sehingga janin tidak dapat bertahan hingga usia 9 minggu. Karena janin Anda meninggal di usia 6 bulan, kemungkinan ada kontribusi dari pihak ibu.Dari faktor ibu, penyebab kematian janin berulang adalah adanya kelainan anatomik, kelainan hematologi (darah) atau kelainan imunologi (daya tahan tubuh).
  • Kelainan anatomik pada alat kelamin dalam wanita, misalnya rahim, mengakibatkan ukuran rongga rahim terbatas sehingga janin tidak bisa tumbuh.
  • Kelainan darah, terutama terkait dengan peningkatan aktivitas pembekuan darah, mengakibatkan terjadinya sumbatan di pembuluh darah yang mengalirkan darah dari ibu ke janin. Sumbatan itu menyebabkan janin tidak dapat tumbuh dengan baik dan meninggal.
  • Selain itu, kita juga mengenal janin sebagai benda asing yang tumbuh di rahim. Karenanya, daya tahan tubuh ibu tidak boleh mengenali janin sebagai suatu benda asing yang harus diserang.
Sebelum hamil lagi, lakukan evaluasi menyeluruh terkait dengan keguguran berulang (recurrent miscarriages) atau kegagalan kehamilan berulang (recurrent pregnancy loss). Lakukan pemeriksaan USG SIS (saline infusion sonography) untuk melihat adanya gangguan anatomi rahim, pemeriksaan profil fungsi pembekuan darah (profil hemostasis) dan imunologi (anticardiolipin antibodies = ACA, anti 2GPI dan Lupus anticoagulant = LA).

Karena janin meninggal dengan berat lebih rendah dibanding usia kehamilan, berarti ada gangguan suplai dari ibu ke janin yang dapat menyebabkan ia gagal tumbuh. Prioritaskan pemeriksaan ke arah gangguan pembekuan darah untuk menyingkirkan kemungkinan adanya kondisi darah yang mudah membeku (hypercoagulable state).

dr. Kanadi Sumapraja, SpOG, MSc

 



Artikel Rekomendasi