Penggunaan Obat Anti Mual Untuk Ibu Hamil

Penggunaan Obat Anti Mual Untuk Ibu Hamil  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya: Sepanjang kehamilan saya (hamil 8 bulan) muntah-muntah. Dari obat anti-muntah berikut: dimenhidrinate, prometazin (nufapreg), metoklopramid, mediamer B6, ondansentron dan lanzoprazole, mana yang aman untuk ibuhamil dan janin?

Jawab: Semua obat anti-muntah yang disebutkan sebenarnya relatif aman digunakan selama kehamilan. Hanya saja, penggunaannya berbeda-beda, didasarkan pada berat ringan keluhan yang dialami. Misalnya, obat muntah jenis ondansentron memiliki efek anti-muntah yang lebih kuat dibanding yang lain, sedangkan lanzoprazole adalah jenis obat yang digunakan untuk mengurangi produksi asam lambung dan tergolong aman digunakan selama kehamilan.

Tentu penggunaan obat yang lebih ringan dapat dipertimbangkan pada keluhan yang tidak terlalu berat. Selain itu, seperti juga pengobatan penyakit-penyakit yang lain, respons tiap orang berbeda terhadap obat tertentu, sehingga mengganti jenis obat yang diberikan dapat dipertimbangkan bila tidak diperoleh respons yang sesuai. Demi kesehatan Anda dan janin, konsultasikan ke dokter kandungan Anda sebelum mengonsumsi obat apa pun.

dr. Arman Djajakuslie, SpOG

    




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   88405   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   29660   
>  Mengasuh Anak Autis   21326   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   17725