Tanya-Jawab: Hamil, Berat Badan Tidak Naik

Tanya-Jawab: Hamil, Berat Badan Tidak Naik Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya: Kehamilan saya sudah berjalan 23 minggu, tapi berat badan saya belum bertambah banyak. Di usia kehamilan 16 minggu, berat saya sempat naik 0,5 kg. Kata dokter, kandungan saya sehat, tapi saya tetap khawatir dengan perkembangan janin saya.

Jawab:
Pertambahan berat badan ibu selama hamil hingga bersalin biasanya berkisar 12-13 kg, minimal 7 kg dan paling banyak 16 kg. Variasinya sangat dipengaruhi oleh berat  dan tinggi badan sebelum hamil. Seorang ibu yang tinggi badannya 140 cm dan beratnya sebelum hamil 35-40 kg, kenaikan sebanyak 7 kg sudah sangat baik. Sebaliknya, ibu yang sudah punya berat badan 70-80 kg dengan tinggi hanya 150 cm, kenaikan 16 kg belum tentu menunjukkan pertumbuhan bayi yang baik. Yang penting adalah kenaikan berat badan secara periodic setiap bulannya.
Selama dokter yang memeriksa pertumbuhan atau perkembangan kehamilan Anda menyatakan bayi Anda baik dan sehat, maka Anda tidak perlu cemas. Selain itu, perlu dilihat kesehatan Anda sendiri secara keseluruhan. Selain menjaga gizi seimbang serta istirahat yang cukup, pemeriksaan kehamilan secara teratur adalah kunci kesehatan diri dan janin Anda.
 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Ayah pun Ikut Menyusui   32934   
>  7 Mitos Tentang Ayah   20916   
>  Melatih Memori Bayi   5756   

 
 border=
Berat Badan Berlebih
Apakah saat hamil Anda mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan?
Ya
Tidak