Cara Hitung Gerakan Janin

 

Penting untuk menghitung gerakan atau tendangan janin. Karena gerakan janin salah satu tanda bayi dalam keadaan sehat. Begini caranya:

Hentikan sejenak semua aktivitas, siapkan  buku untuk mencatat jumlah tendangan janin. Setelah siap, mulailah berbaring, perhatikan dan hitung gerakan janin.  Catat waktu dimulainya aktivitas ini.

Contoh tabel untuk mencatat gerakan janin:

Waktu

Minggu

Menit

 

Minggu

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

Jumat

Sabtu

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

20

 

 

 

 

 

 

 

 

30

 

 

 

 

 

 

 

 

40

 

 

 

 

 

 

 

 

50

 

 

 

 

 

 

 

Jam

1

 

 

 

 

 

 

 

 

1,5

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

Cara  menstimulasi agar janin menendang. Apabila selama 2 jam pemantauan tidak dirasakan gerakan janin, ibu dianjurkan makan terlebih dahulu atau mengonsumsi makanan kecil, minuman manis atau jus untuk merangsang janin aktif kembali. Selain makan, lakukan aktivitas ringan seperti jalan  atau duduk dengan sandaran di punggung atau tidur posisi miring kiri karena dapat memperbaiki aliran darah ke janin.

Tak perlu panik jika Anda tak yakin dengan apa yang dirasakan. Beberapa minggu pertama sangat sulit dibedakan antara gas dan gerakan janin. Tapi Anda akan segera mengenali pola gerakan  janin, mengetahui siklus tidur dan bangun tidur  janin. Bahkan kapan  janin sangat aktif dan apa saja yang memicu dia untuk bergerak. (me)



 



Artikel Rekomendasi