Peregangan Untuk Ibu Hamil

 

Sambil duduk di kursi kerjanya, ibu hamil bisa melakukan lima gerakan ini untuk peregangan otot yang kaku karena kerja. Kelelahan dan ketegangan pun akan berkurang dan aktivitas bisa kembali diteruskan dengan lebih segar.
  1. Putar kepala. Pundak dan leher dalam kondisi relaks. Tundukkan kepala kemudian putar kepala searah jarum jam secara perlahan. Lakukan 3 kali dan ulangipada arah sebaliknya-berlawanan arah jarum jam.
  2. Lentur leher. Miringkan kepala hingga telinga kanan mendekati pundak, sampai leher terasa tertarik. Ahan posisi selama 20 detik kembali  ke posisi awal, lalu miringkan kepala kea rah kiri. Lakukan masing-masing sebanyak 3 kali.
  3. Tangan jauh. Luruskan tanan ke depan sejajar pundak, telapak tanan kea rah luar. Dengan tangan kiri tarik jari-jari kea rah dalam hingga terasa tertarik. Tahan selama 10 detik. Ulangi 3 kali dan lakukan gerakan pad atangan yang lain.
  4. Angkat bahu. Duduk dengan punggung tegak,naikkan kedua pundak mendekati telinga hingga terasatekanan di leher dan pundak. Tahan selama 5 detik lalu dorong pundak ke posisi awal. Ulangi hingga 3 kali.
  5. Piriformis strech. Letakkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kiri. Bungkukkan badan, pertahankan punggung tetap lurus. Tahan selama 10 detik kembali ke posisi awal. Lakukan 3 kali. Ganti posisi kaki dan ulang.

 



Artikel Rekomendasi